Analisis Dampak Penutupan Perlintasan Sebidang Dan Pengembangan Alternatif Solusi

Andika, Ghifari Dwi (2017) Analisis Dampak Penutupan Perlintasan Sebidang Dan Pengembangan Alternatif Solusi. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (716kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (69kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perlintasan sebidang antara jalan rel dengan jalan raya sering menimbulkan permasalahan, dari terhambatnya arus lalu lintas yang melewati perlintasan kereta api, hingga terjadinya kecelakaan yang seharusnya dapat terhindarkan. Oleh karena itu PT. KAI rencananya akan menutup sejumlah perlintasan kereta api secara permanen, termasuk perlintasan kereta api pramuka, sehingga penulis berencana untuk menganalisis rute mana yang seharusnya ditempuh pengguna jalan setelah penutupan perlintasan kereta api secara permanen terlaksana, khususnya di jalan pramuka sari II. Ada empat (4) alternatif yang penulis ajukan sebagai perbandingan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei langsung sebelum penutupan pintu perlintasan kereta api secara permanen. Data yang diambil adalah Headway antar kereta api, lama waktu penutupan pintu perlintasan, jarak tempuh kendaraan melintas, waktu tempuh kendaraan melintas dan volume lalu lintas. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan metode multikriteria analisis, kapasitas jalan menggunakan pedoman manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI, 1997). Hasil analisis berupa alternatif yang paling tepat untuk dipilih dengan keadaan asli sebelum penutupan pintu perlintasan secara permanen. Hasil pengamatan ini berguna untuk pengambilan keputusan pengendara dalam memilih rute mana yang harus diambil secara efektif, dan agar pihak PT. KAI dapat mempertimbangkan pilihan yang ada apabila harus ada penambahan rute baru atau penambahan dana konstruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penutupan Perlintasan Sebidang, Metode Multikriteria analisis, alternatif jalan
Subjects: Civil Engineering > Transportation Engineering
Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Ghifari Dwi Andika
Date Deposited: 15 Sep 2017 03:51
Last Modified: 15 Sep 2017 03:51
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item