Analisi Kepribadian Konsumen melalui Komunikasi Ulasan di Tiga Marketplace

Ivanputri, Gladys Arini (2018) Analisi Kepribadian Konsumen melalui Komunikasi Ulasan di Tiga Marketplace. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (240MB)

Abstract

Marketplace adalah salah satu media yang di gunakan untuk memasarkan sebuah produk. Dari beberapa marketplace yang ada hanya tiga yang sering digunakan banyak orang yaitu Lazada, Bhinneka dan Prelo. Ketiga marketplace tersebut menawarkan tiga langkah mudah yang meliputi beli, bayar, dan terima barang bagi konsumen yang ingin membeli produk. Namun, melihat ulasan-ulasan yang disampaikan oleh konsumen sedikit menggambarkan bahwa kenyataan tidak sesuai dengan rencana yang ditawarkan. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai analisis kepribadian konsumen dalam komunikasi ulasan pada tiga marketplace, guna mengetahui karakter dan kepribadian konsumen dengan kesediaan barang/produk dan jasa secara maksimal, agar kepuasan konsumen dapat tercapai hingga menumbuhkan kepercayaan dan dapat memberi komentar terbaik kepada masyarakat pada umumnya. Penelitian ini menggunakan content analysis dan diperoleh hasil bahwa konsumen online cenderung berkepribadian ekstrovet, terbuka dan antusias dalam berkomunikasi. Konsumen online juga cenderung penyabar, penuh pengertian dan ramah dalam komunikasi. Hasil penelitian juga memaparkan konsumen barang-barang atau produk teknologi cenderung berkepribadian rasional, teratur, dan runut dalam berkomunikasi. Konsumen teknologi juga cenderung kreatif dan imajinatif sehingga mampu memberikan penjelasan panjang lebar dan tidak kehabisan kata-kata dalam mengomunikasikan ulasannya. Sebaliknya, konsumen barang bekas cenderung kurang kreatif dan imajinatif, kaku, dan normatif dalam berkomunikasi dengan kalimat pendek-pendek dan seadanya. Sementara, konsumen goods dan fashion cenderung berkepribadian impulsif dan agresif dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Konsumen, Marketplace, Ulasan
Subjects: Communication
Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Gladys Arini Ivanputri
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:13
Last Modified: 26 Feb 2018 04:13
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item