ANALISIS NARATIF PENDEKATAN EMOSIONAL PADA IKLAN TV PANADOL PEJUANG TANGGUH VERSI ELBERIANI SINAGA

Nadhira, Khansa (2018) ANALISIS NARATIF PENDEKATAN EMOSIONAL PADA IKLAN TV PANADOL PEJUANG TANGGUH VERSI ELBERIANI SINAGA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (pdf)
04 BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Pada tahun 2017, Panadol mengeluarkan iklan naratif dengan pendekatan emosional yang berjudul Pejuang Tangguh versi Elberiani Sinaga. Iklan ini bercerita mengenai kehidupan seseorang dan sama sekali tidak menyebutkan sisi fungsional produk, baik itu keunggulan produk, bahan yang terkandung maupun solusi yang ditawarkan. Hal ini berbeda dengan apa yang telah dilakukan Panadol selama ini, oleh karena itu sangat menarik untuk diangkat dalam penelitian. Penelitian ini berfokus pada analisis teks berdasarkan Paradigma Naratif oleh Walter Fisher untuk melihat baik tidaknya suatu cerita, serta analisis visual untuk melihat konsep pendekatan emosional yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif dengan mengumpulkan data melalui penggambaran narasi serta visual iklan dan dibantu dengan wawancara terstruktur dengan tim kreatif Panadol Pejuang Tangguh. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Paradigma Naratif oleh Walter Fisher serta konsep pendekatan emosional dalam iklan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Panadol Pejuang Tangguh versi Elberiani Sinaga memenuhi prinsip Paradigma Naratif dan pendekatan emosional yang menunjukkan bahwa cerita iklan merupakan cerita yang baik, sebagaimana yang dimaksud dengan iklan yang mampu memecah clutter di media televisi sehingga dapat menarik perhatian khalayaknya. Kata kunci: Iklan TV, Naratif, Paradigma Naratif, Pendekatan Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Iklan Tv, Naratif, paradigma Naratif, Pendekatan Emosional
Subjects: Communication
Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: KHANSA NADHIRA HESA PUTRI
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:49
Last Modified: 27 Feb 2018 06:49
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item