Analisis Sosial Kognitif Pada Pemanfaatan Forum Motovlog Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengendara Sepeda Motor

Wicaksana, Bimo (2018) Analisis Sosial Kognitif Pada Pemanfaatan Forum Motovlog Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengendara Sepeda Motor. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (749kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (173kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu teori komunikasi massa, yaitu Social Cognitive Theory mencakup model interaksi sebab-akibat dimana peristiwa di lingkungan, faktor pribadi, dan perilaku beroperasi sebagai faktor penentu interaksi satu sama lain. Lebih dalam lagi, terdapat modeling didalamnya yang memiliki empat elemen dasar, diantaranya attention, retention, motor reproduction, dan motivation. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat lahirnya media online, salah satunya adalah Youtube. Youtube yang merupakan turunan dari media massa memiliki pengaruh terhadap audiensnya. Terdapat tayangan motovlog merupakan turunan dari kegiatan vlog di Youtube. Motovlog sendiri merupakan kegiatan merekam kegiatan saat sedang berkendara sepeda motor. Motovlog sendiri memiliki banyak konten kreator dan penikmatnya. Beberapa motovlog melakukan tindakan yang akhirnya memengaruhi audiensnya dan berakibat buruk. Gus Ali, sebagai salah satu motovlogger mengubah hal tersebut dengan memberikan konten yang mengedukasi penontonnya untuk berkendara di jalan raya dengan lebih baik dan benar. Penelitian ini membahas mengenai peningkatan kesadaran pengendara sepeda motor dengan menonton motovlog Gus Ali yang dibahas dengan 4 elemen dasar modeling serta efeknya, yaitu inhibitory effects dan disinhibitory effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan yang dipilih menerima dampak yang sama, yaitu inhibitory effects, dimana masing-masing informan menghambat kebiasaan pribadinya dan mulai mengikuti kebiasaan Gus Ali dalam berkendara di jalan raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Social Cognitive Theory, Forum Motovlog, Kesadaran, Mengendarai Sepeda Motor., Youtube, Motovlog
Subjects: Communication
Communication > Mass Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bimo Wicaksana
Date Deposited: 28 May 2018 08:14
Last Modified: 28 May 2018 08:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item