Proses Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Universitas Bakrie

Putri, Dianingtyas Murtanti (2018) Proses Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Universitas Bakrie. Universitas Bakrie. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (pdf)
Penelitian Proses Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram.pdf - Accepted Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Self-image merupakan bagaimana seorang individu dapat menggambarkan dirinya melalui penilaian tentang tubuh atau fisiknya sendiri, untuk memberitahukan bagaimana ‘diri’nya di mata dunia, seorang individu memberitahukannya melalui bantuan media sosial yakni Instagram. Perwujudan dinamika kepribadian merupakan hasil interaksi antara kebutuhan biologis yang mendasar dan pengungkapannya melalui tindakan-tindakan sosial, hal ini dijelaskan dalam teori psikologi sosial. Fasilitas yang dimiliki yakni foto serta instastory memberikan peluang bagi remaja untuk berinteraksi di dunia maya memberikan respon dengan memberikan ikon love, lalu ada kolom komentar memberikan input bagi yang memiliki akun Instagram tersebut. Fokus penelitian ini ingin mengetahui bagaimana proses pembentukan citra diri melalui media sosial Instagram pada mahasiwa Universitas Bakrie. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis pengelolaan data menggunakan indepth interview terhadap lima informan yakni remaja pada usia 18-24 tahun, yang aktif menggunakan Instagramnya untuk mengunggah foto dan aktif juga mengunggah instastory di akun Instagram mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kognitif (kebutuhan informasi) yang membuat pengguna membentuk citra diri. Hal-hal ini seperti kebutuhan dalam menggunakan media sosial, lalu memahami maksud dan fungsi dari penggunaan media sosial tersebut, juga kebutuhan akan informasi melalui media sosial, dan mengetahui trend yang sedang berkembang saat ini merupakan hal yang mempunyai hubungan dalam pembentukan citra diri.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: diri, self-image, media sosial Instagram, teori psikologi sosial
Subjects: Communication > Mass Communication
Communication > Mass Media
Scientific Paper
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ahmad Yani
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:49
Last Modified: 06 Aug 2018 06:49
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item