Analisis Semiotika Makna Nasionalisme pada Iklan Telkomsel versi "Rumah Indonesia"

Adhanuri, Maya (2018) Analisis Semiotika Makna Nasionalisme pada Iklan Telkomsel versi "Rumah Indonesia". Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (10kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

Kemajuan teknologi mengakibatkan perkembangan media massa semakin pesat terutama televisi sebagai media elektronik dalam penyampaian informasi. Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi televisi yang berfungsi mempersuasi pemirsa sebagai sarana promosi untuk menawarkan barang dan jasa tergantung kreatifitas dan inovatif iklan yang ditampilkan. Seperti halnya iklan Telkomsel “Rumah Indonesia” yang mengajak khalayak konsumen untuk tetap terhubung dengan sanak saudara di daerah yang jauh sekalipun melalui kuatnya jaringan Telkomsel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna pesan melalui Iklan Telkomsel versi “Rumah Indonesia”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika dari pemikiran Roland Barthes. Teori Roland Barthes memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda dan pertanda. Pemaknaan diambil dari menghubungkan penampilan iklan setiap adegan dengan suara yang melatarbelakangi tampilan iklan yang diucapkan oleh tokoh utama serta slogan dari Telkomsel. Model teori dari Barthes lebih memfokuskan perhatian langsung kepada tanda itu sendiri serta makna umum yang lahir dari proses representasi tanda. Hasil dari penelitian ini bahwa iklan Telkomsel “Rumah Indonesia” membuktikan slogannya yaitu jaringan yang tersebar luas dengan menampilkan daerah perbatasan Indonesia dan Timor Leste yaitu daerah Belu, Nusa Tenggara Timur. Telkomsel memberikan kesempatan untuk menyatukan berbagai perbedaan suku maupun ras di Indonesia serta memberikan hak yang sama dalam perkembangan tekonologi dan kemudahan dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Semiotika, Roland Barthes, Indonesia
Subjects: Communication > Marketing Communications
Communication > Mass Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maya Adhanuri
Date Deposited: 25 Aug 2018 07:21
Last Modified: 25 Aug 2018 07:21
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item