ANALISIS EKONOMI POLITIK MEDIA VINCENT MOSCO DALAM PENGELOLAAN NEWSROOM ANTV

Fatmawati, Fatmawati (2018) ANALISIS EKONOMI POLITIK MEDIA VINCENT MOSCO DALAM PENGELOLAAN NEWSROOM ANTV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (PDF)
00. cover.pdf - Submitted Version

Download (867kB) | Preview
[img] Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text (PDF)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (PDF)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (630kB)

Abstract

Televisi adalah salah satu jenis media massa elektronik yang bersifat audio visual. Berdasarkan Undang-Undang Penyiaran No. 32 Pasal 4 ayat 2 penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa yang mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial. Pemanfaatan televisi sebagai media informasi dan pendidikan sudah banyak berkurang, lebih dijadikan alat pemanfaatan ekonomi dan politik bagi pemilik. Fenomena ini dapat dilihat dengan mudah melalui produk-produk yang dihasilkan oleh stasiun televisi terutama produk news. Stasiun televisi ANTV bertransformasi menjadi TV hiburan pada tahun 2014 demi mencapai target rating share yang diharapkan. Perubahan ini membawa perubahan dalam porsi dan jam tayang program news. Dari fakta dan masalah yang ada, merujuk teori Vincent Moscow mengenai komodifikasi dalam media massa yang tidak dapat dipisahkan dari pemilik media. Vincent Moscow mengungkapkan dalam komodifikasi terdapat tiga aspek yaitu : (1) komodifikasi konten/isi; (2) komodifikasi khalayak dan (3) komodifikasi pekerja. Penelitian ini dilakukan dengan tekhnik kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi pustaka untuk mendalami masalah. Produk news dianggap tidak bisa memberikan sumbangsih dalam target ekonomi yang ditetapakan ANTV. Dampak dari hal tersebut jam tayang dan durasi program news dipangkas kemudian digantikan dengan program-program hiburan yang memberikan sumbangsih dalam rating share. Kata kunci : komodifikasi, ekonomi politik, media massa, ANTV, newsroom, rating share.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: komodifikasi, ekonomi politik, media massa, ANTV, newsroom, rating share.
Subjects: Communication
Communication > Mass Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:26
Last Modified: 12 Nov 2018 04:54
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item