Strategi Manajemen dan Komunikasi Krisis Digital Permen Pindy Susu Pasca Isu Hoaks Permen Bernarkoba

Calista, Kezia Azhari (2019) Strategi Manajemen dan Komunikasi Krisis Digital Permen Pindy Susu Pasca Isu Hoaks Permen Bernarkoba. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (995kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen dan komunikasi krisis digital permen Pindy Susu pasca isu hoaks permen bernarkoba. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen krisis Pindy Susu berdasarkan tahapan-tahapan krisis mulai dari pra krisis, respon krisis, hingga pasca krisis. Selain itu, penelitian ini juga membahas penggunaan media digital sebagai strategi komunikasi krisis Pindy Susu. Metode dalam peneltian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan beberapa informan dari Grey Group Indonesia yakni merupakan agensi digital yang ditunjuk untuk melaksanakan manajemen dan komunikasi krisis Pindy Susu. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulator sebanyak dua orang yang merupakan ahli teknologi informasi dan ahli public relations. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa Grey Group Indonesia memaksimalkan penggunaan media digital untuk manajemen dan komunikasi krisis Pindy Susu. Adapun lima strategi yang dilakukan Grey Group Indonesia yaitu monitor, cultivate, prepare, respond, dan promote. Strategi-strategi tersebut termasuk ke dalam jenis nonexistence strategies yang terdiri dari penyangkalan, klarifikasi, dan penyerangan pihak yang membuat rumor. Grey Group Indonesia melakukan strategi tersebut untuk menuhi objektif dari permen Pindy Susu dalam mengatasi isu negatif permen bernarkoba yang terkait dengan Pindy Susu dan mengubahnya menjadi positif, menepikan artikel-artikel negatif di penelusuran Google, memutar percakapan seputar brand menjadi sentimen positif, dan meningkatkan awareness positif terhadap Pindy Susu melalui berbagai saluran komunikasi digital.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: manajemen krisis, komunikasi krisis, hoaks, media digital
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kezia Azhari Calista
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:40
Last Modified: 28 Feb 2019 04:40
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item