Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Pembuatan SIM di Satpas Polda Metro Jaya Jakarta Raya

Aldiyatama, Aldiyatama (2019) Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Pembuatan SIM di Satpas Polda Metro Jaya Jakarta Raya. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I- III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus terhadap analisis perilaku birokrasi dalam pelayanan pembuatan SIM di Satpas Polda Metro Jaya Jakarta Raya periode 2018-2019 dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku birokrasi di Satpas Polda Metro Jaya DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke Satpas Polda Metro Jaya, wawancara dengan pimpinan dan petugas Satpas Polda Metro Jaya, wawancara dengan masyarakat pemohon SIM, serta studi literatur dari dokumen-dokumen tertulis yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa perilaku birokrasi di dalam Satpas Polda Metro Jaya DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan pembuatan SIM belum berjalan dengan baik karena masih sering ditemukannya sikap dari petugas yang melakukan pelanggaran, kurang disiplin, tidak berada di tempat pada saat jam kerja, dan masih terjadi praktik calo yang melibatkan petugas. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku birokrasi dalam pelayanan pembuatan SIM pada Satpas Polda Metro Jaya DKI Jakarta adalah faktor kepemimpinan, kompetensi kerja, penghargaan kerja, dan fasilitas kerja. Dari keempat faktor tersebut, terdapat 2 faktor yang belum berjalan dengan baik, yaitu faktor kepemimpinan dan fasilitas kerja. Motivasi atau arahan dari pimpinan Satpas Polda Metro Jaya belum ditaati dengan sepenuhnya oleh para petugas, dimana masih ada petugas yang melakukan pelangaran, kurang disiplin, meninggalkan tempat kerja, dan sebagainya. Fasilitas kerja yang tersedia di Satpas Polda Metro Jaya belum memenuhi kecukupan karena tingginya antrian pemohon SIM setiap hari, sehingga menghambat penerbitan SIM. Selain itu, sistem antrian pendaftaran masih bersifat manual dan tempat yang sempit. Dibutuhkan sistem antrian berbasis FIFO agar lebih teratur, jelas, dan berkeadilan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: perilalu, birokrasi, pelayanan, SIM.
Subjects: Political Science > Public Policy
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Aldiyatama
Date Deposited: 21 Aug 2019 09:15
Last Modified: 21 Aug 2019 09:15
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item