POLITIK REPRESENTASI PLURALISME DAN TOLERANSI DALAM IKLAN RAMADHAN MATAHARI DEPARTMENT STORE VERSI “BULLY”

Sitio, Chrisensia Oliver (2019) POLITIK REPRESENTASI PLURALISME DAN TOLERANSI DALAM IKLAN RAMADHAN MATAHARI DEPARTMENT STORE VERSI “BULLY”. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01.BabI-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03.BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
04.Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, Indonesia sedang dihadapkan dengan masalah persatuan antar umat beragama. Data terbaru dari Setara Institut mencatat setidaknya ada 136 kasus intoleransi yang terjadi sepanjang tahun 2018. Namun, isu yang sedang panas saat ini menjadi ide iklan bagi Matarahari Department Store untuk mengkampanyekan brand-nya. Dalam Iklan Ramadhan Versi “Bully” Matahari Department Store mencoba merepresentasikan Toleransi dan Pluralisme. Dengan menggunakan tiga konsep analisis wacana Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe, aparatus wacana, aparatus identitas dan aparatus politik penulis mencoba melihat bagaimana politik representasi yang dilakukan oleh Matahari Department Store dalam iklan Ramadhannya versi “Bully”. Hasil penelitian menunjukkan, Matahari Department Store mencoba mengkonstruksikan wacana tentang pluralisme dan toleransi dalam iklannya. Wacana tentang pluralisme dan toleransi melalui identitas dua anak kecil berbeda agama. Representasi kemudian menjadi politis karena Matahari Department Store sebenarnya mengkampanyekan brand-nya dan menjaga keamanan bisnisnya lewat iklan tersebut. Kata kunci : politik representasi, analisis wacana, pluralisme, toleransi, Matahari Department Store Saat ini, Indonesia sedang dihadapkan dengan masalah persatuan antar umat beragama. Data terbaru dari Setara Institut mencatat setidaknya ada 136 kasus intoleransi yang terjadi sepanjang tahun 2018. Namun, isu yang sedang panas saat ini menjadi ide iklan bagi Matarahari Department Store untuk mengkampanyekan brand-nya. Dalam Iklan Ramadhan Versi “Bully” Matahari Department Store mencoba merepresentasikan Toleransi dan Pluralisme. Dengan menggunakan tiga konsep analisis wacana Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe, aparatus wacana, aparatus identitas dan aparatus politik penulis mencoba melihat bagaimana politik representasi yang dilakukan oleh Matahari Department Store dalam iklan Ramadhannya versi “Bully”. Hasil penelitian menunjukkan, Matahari Department Store mencoba mengkonstruksikan wacana tentang pluralisme dan toleransi dalam iklannya. Wacana tentang pluralisme dan toleransi melalui identitas dua anak kecil berbeda agama. Representasi kemudian menjadi politis karena Matahari Department Store sebenarnya mengkampanyekan brand-nya dan menjaga keamanan bisnisnya lewat iklan tersebut. Kata kunci : politik representasi, analisis wacana, pluralisme, toleransi, Matahari Department Store

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: politik representasi, analisis wacana, pluralisme, toleransi, Matahari Department Store
Subjects: Communication
Communication > Marketing Communications
Communication > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Chrisensia Oliver Sitio
Date Deposited: 23 Aug 2019 09:22
Last Modified: 23 Aug 2019 09:22
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item