Strategi Rebranding untuk Membentuk Brand Awareness (Studi Kasus: T-Cash menjadi LinkAja)

Makarim, Nasywa (2019) Strategi Rebranding untuk Membentuk Brand Awareness (Studi Kasus: T-Cash menjadi LinkAja). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Perkembangan teknologi 4.0 sekarang ini memaksakan seluruh lini untuk mengembangkan teknologi mereka, salah satunya dalam aspek ekonomi dimulai dari rebranding brandnya, strategi pemasaran dengan digital marketing, dan sebagainya dalam membentuk brand awareness.T-Cash melakukan rebranding menjadi LinkAja yang bertujuan untuk berperan aktif dalam cashless society. Dalam menelaah penelitian ini menggunakan konsep rebranding oleh Laurent Muzellec dan Mary Lambkin. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari proses strategi rebranding yang terdiri dari repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching. LinkAja memfokuskan pada aspek repositioning karena LinkAja ingin berfokus pada target market nya yang sebelumnya hanya pada pengguna smartphone di kota besar seperti Jakarta, ingin memperluas jaringan hingga ke pedesaan yang mayoritas menggunakan poliponik. Selain itu, renaming LinkAja menggunakan bahasa yang lebih kekinian dengan menggunakan bahasa non baku yaitu “Aja” sehingga menekankan kesan sehari-hari. Lalu, redesigning menggunakan desain yang mewakili BUMN yang ada didalamnya dan juga menunjukan sisi nasionalis melalui pemilihan warna. Tahap terakhir yaitu relaunching sangat memanfaatkan adanya sinkronisasi BUMN dengan menyisipkan LinkAja pada setiap event BUMN.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Rebranding; Brand Awareness; LinkAja
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: NASYWA MAKARIM
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:55
Last Modified: 23 Aug 2019 08:55
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item