Representasi Pendidikan Sebagai Kelas Sosial Dalam Film Hindi Medium

Rusmayanti, Rikha (2019) Representasi Pendidikan Sebagai Kelas Sosial Dalam Film Hindi Medium. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of 00. Cover.pdf]
Preview
Text
00. Cover.pdf

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of 02. BAB IV.pdf]
Preview
Text
02. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03. BAB V.pdf]
Preview
Text
03. BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 05. BAB LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
05. BAB LAMPIRAN.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Film dapat menggambarkan realitas sosial yang terjadi di masyarakat. Pesan yang ingin disampaikan dalam film bahwa di zaman modern pendidikan digunakan sebagai alat untuk menaikkan kelas sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat representasi pendidikan sebagai kelas sosial dalam film Hindi Medium. Analisis yang dilakukan berdasarkan pada tiga level representasi John Fiske. Melalui level realitas ide dikonstruksi sebagai realitas sosial. Pada film Hindi Medium bentuk realitas dari pendidikan sebagai kelas sosial digambarkan pada perilaku, pakaian, ekspresi tokoh utama serta lingkungan. Level representasi, makna mengenai pendidikan sebagai kelas sosial dalam film Hindi Medium terlihat pada teknik pengambilan gambar dan sudut pandang kamera, dialog, serta musik atau sound effect. Level ideologi, dalam film Hindi Medium apa yang diinginkan setiap orang tua adalah pendidikan yang baik untuk anak mereka. Bagi banyak orang tua di Negara India, pendidikan yang baik adalah pendidikan bahasa Inggris. Sementara itu, Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika Rolland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sebagai kelas sosial yang digambarkan dalam film Hindi Medium dapat dilihat dari pakaian tokoh utama, lingkungan sekolah, lingkungan rumah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Semiotika Rolland Barthes, Representasi, Pendidikan sebagai kelas sosial, Film Hindi Medium.
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rikha Rusmayanti
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:26
Last Modified: 26 Aug 2019 07:26
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item