PERAN DIGITAL STORYTELLING PADA AKUN INSTAGRAM @KOJEKRAPBETAWI DALAM MEMPOPULERKAN BUDAYA BETAWI DI DKI JAKARTA

Mala, Yesela (2019) PERAN DIGITAL STORYTELLING PADA AKUN INSTAGRAM @KOJEKRAPBETAWI DALAM MEMPOPULERKAN BUDAYA BETAWI DI DKI JAKARTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

@kojekrapbetawi merupakan public figure yang secara langsung mengenalkan budaya Betawi dari media sosial di Instagram. Selain mengenalkan budaya Betawi, ia juga seorang penyiar radio dan juga rapper Betawi. Keunikan dari akun ini adalah ia seorang rapper yang mengenalkan budaya Betawi. Konten yang disajikan juga beraneka ragam, namun ia memfokuskan kontennya pada perkembangan Ibukota Jakarta. Menganalisis akun dari akun Instagram @kojekrapbetawi menggunakan konsep digital storytelling yang menggunakan tujuh elemen dalam penjabarannya. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketujuh elemen konsep digital storytelling, ditemukan dua elemen yang merepresentasikan dari konten-konten yang disajikan di akun tersebut, yakni elemen point of view, dimana pada elemen ini akun Instagram @kojekrapbetawi atau yang biasa dikenal sebagai Kojek ingin menampilkan lebih konsisten terhadap konten budaya Betawi yang dikemas pesannya melalui lirik lagu yang bernuansa rap, serta ketika ia tampil angle yang diambilnya tidak luput dari gambaran Ibukota Jakarta di setiap temanya. Kedua, elemen emotional content yang mana pada elemen ini Kojek dalam akunnya menampilkan sisi tentang personal life nya yang bertujuan untuk memberitahukan pada followers nya mengenai sosok si penyanyi rap ini yang bernama Muhammad Amrullah. Seorang rapper berasal dari Betawi asli ini menunjukkan kecintaannya terhadap Betawi melalui lirik di dalam lagu rap nya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: digital storytelling, media sosial Instagram
Subjects: Communication
Communication > Mass Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yesela Mala
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:22
Last Modified: 28 Aug 2019 02:22
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item