ANALISIS SENTIMEN PADA DATA ULASAN MASKAPAI PENERBANGAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DENGAN SELEKSI FITUR INFORMATION GAIN

Akbar, Ajeng Rofifa Nugrafitri (2019) ANALISIS SENTIMEN PADA DATA ULASAN MASKAPAI PENERBANGAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DENGAN SELEKSI FITUR INFORMATION GAIN. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Saat ini, transportasi udara merupakan salah satu pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan lintas kota maupun antar pulau. Tingginya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi udara membuat maskapai penerbangan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik agar mendapatkan banyak penumpang. Penumpang maskapai penerbangan menggunakan web review perjalanan pada jejaring platform online untuk memilih akomodasi yang akan digunakan. Banyaknya review yang diberikan penumpang, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyimpulkan, sehingga analisis sentimen diperlukan untuk mengetahui opini penumpang maskapai penerbangan. Pada penelitian ini, data yang diambil merupakan data review atau ulasan penumpang pada lima maskapai penerbangan di Indonesia dengan perjalanan domestik. Dari lima maskapai penerbangan tersebut akan diambil masing-masing 250 data dengan jumlah total 1250 data ulasan yang akan diteliti. Data tersebut kemudian dilakukan preprocessing dan pengklasifikasian menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan seleksi fitur information gain. Hasil pengukuran performa yang diperoleh dari klasifikasi ulasan penumpang maskapai menghasilkan akurasi sebesar 93%, precission 95%, recall 96% dan fmeasure 95%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, Maskapai penerbangan, Naive bayes, Information gain
Subjects: Computer Science > Informatics
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Informatika
Depositing User: Ajeng Rofifa Nugrafitri Akbar
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:20
Last Modified: 29 Aug 2019 06:20
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item