Strategi Komunikasi Digital Marketing Organisasi Young On Top Bekasi Melalui Instagram Pada Program Green Diet Plastic 2019 Dalam Meningkatkan Brand Engagement (Studi Kasus @yotbekasi)

Saroso, Dhea Andita Sari (2020) Strategi Komunikasi Digital Marketing Organisasi Young On Top Bekasi Melalui Instagram Pada Program Green Diet Plastic 2019 Dalam Meningkatkan Brand Engagement (Studi Kasus @yotbekasi). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00. Cover. pdf.pdf - Submitted Version

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III. pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB)

Abstract

Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar ke dua di dunia. Hal ini adalah persoalan yang sangat meresahkan, mengingat masih rendahnya kesdaran masyarakat Indonesia akan kepeduliannya terhadap lingkungan. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kesadaran perilaku masyarakat khususnya Kota Bekasi, dimana salah satu organisasi yang terdiri dari generasi muda ini bernama YOT Bekasi (Young On Top Bekasi) melalui program Green Diet Plastic 2019 baik dalam kegiatan offline, maupun online nya, yakni mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam menanggulangi sampah dengan mengurangi pemggunaan plastik. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis strategi komunikasi digital melalui media sosial Instagram @yotbekasi untuk meningkatkan brand engagement dengan followers. Analisis penelitian ini menggunakan strategi komuniksasi oleh Liliweri, digital marketing oleh Smith dan Chaffey, serta brand engagement oleh Katie Paine. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus instrumental tunggal, dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi digital marketing melalui Instagram yang dilakukan oleh organisasi Young On Top Bekasi (YOT Bekasi) pada program Green Diet Plastic 2019 dalam meningkatkan brand engagement belum sampai pada tahap loyalty, melainkan hanya sampai pada fase lurking dan casual. Hal ini dikarenakan strategi komunikasi pada program yang dirancang tersebut sifatnya hanya menginformasikan pentingnya pengurangan penggunaan plastik kepada followers Instagram @yotbekasi. Pada tahapan monitoring dan evaluasi, YOT Bekasi tidak fokus untuk melakukan evaluasi secara serius terhadap konten Green Diet Plastic 2019 di Instagram @yotbekasi. Dengan demikian, brand value serta brand personality organisasi YOT Bekasi belum belum tergambarkan dari pengemasan konten yang disajikan di Instagram @yotbekasi. Sehingga, strategi komunikasi digital marketing yang dilakukan oleh YOT Bekasi untuk meningkatkan brand engagement kurang terbentuk secara maksimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pemasaran Digital, Instagram @yotbekasi, Keterlibatan Merek
Subjects: Communication
Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dhea Andita Sari Saroso
Date Deposited: 28 Feb 2020 10:08
Last Modified: 28 Feb 2020 10:08
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item