ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN PADA IKLAN TOKOPEDIA ‘GOPEK YANG BERHARGA’

Natasia, Yolanda (2020) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN PADA IKLAN TOKOPEDIA ‘GOPEK YANG BERHARGA’. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘Analisis Semiotika Makna Pesan Pada Iklan Tokopedia ‘Gopek Yang Berharga’. Latar belakang penelitian adalah tentang media sosial yang tidak hanya diperuntukkan untuk kegiatan berkomunikasi saja, tetapi di masa yang serba digital menjadi salah satu cara untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa. Media sosial dengan persentase tertinggi dan paling banyak digunakan adalah YouTube dengan 88% diantara pengguna media sosial. YouTube saat ini menyediakan berbagai format iklan didalamnya. Salah satu contoh pengiklan yang menggunakan YouTube sebagai alat pemasaran adalah Tokopedia. Tokopedia menayangkan iklan nya yang bertema ‘Gopek Yang Berharga’ di kanal YouTube nya. Gopek sendiri adalah sebutan lain untuk uang 500 Rupiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‘bagaimana makna semiotika yang terkandung dalam iklan Tokopedia ‘Gopek Yang Berharga’. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna pesan yang terkandung dalam iklan Tokopedia ‘Gopek Yang Berharga’ menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode Penelitian yang digunakan adalah semiotika dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman yang membagi menjadi data reduction, data display, dan conclusion drawing and verification. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes, dimana analisis dilakukan dengan mengkaitkan iklan Tokopedia ‘Gopek Yang Berharga’ dengan teori signifikasi, denotasi dan konotasi, serta mitos. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa uang Gopek yang memiliki nilai kecil dalam mata uang dan dianggap tidak terlalu berharga, dapat digunakan untuk menabung emas di Tokopedia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mitos tentang uang gopek yang dikatakan tidak berharga di jaman sekarang ini coba dipatahkan oleh Tokopedia dengan hasil makna pesannya yaitu denotasi dari iklan tersebut diketahui bahwa di Tokopedia hanya dengan 500 Rupiah bisa menabung emas. Oleh karena itu terbentuknya makna pesan konotasi nya yaitu jangan menganggap remeh sesuatu yang kecil, karena suatu yang kecil jika dikumpulkan lama-lama dapat menjadi sesuatu yang besar.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Iklan, YouTube
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Communication Science
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yolanda Natasia
Date Deposited: 16 Sep 2020 08:34
Last Modified: 16 Sep 2020 08:34
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item