ANALISIS BRANDERPRENEURSHIP DALAM PENGEMBANGAN NILAI MEREK USAHA KECIL MENENGAH (UKM) LIVING WITH L.O.F

Khariunnisa, Fadilla Kania (2020) ANALISIS BRANDERPRENEURSHIP DALAM PENGEMBANGAN NILAI MEREK USAHA KECIL MENENGAH (UKM) LIVING WITH L.O.F. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia memunculkan kompetisi yang cukup ketat antara usaha satu dengan yang lain. Saat ini, para pemilik usaha memerlukan strategi khusus yang mampu memberikan nilai tambah bagi usahanya. Bukan hanya focus pada kualitas produk atau pun perkembangan bisnisnya, tetapi UKM juga perlu mengedepankan nilai merek atau branding yang dimiliki sebagai pondasi kuat dalam memajukan usahanya. Dengan menggunakan metode studi kasus yang dilakukan dengan dua macam pendekatan Branderpreneurship Framing Analysis (BFA), yaitu Qualitative BFA (Ql. BFA) dan Quantitative BFA (Qt. BFA), penelitian ini berupaya menganalisis keselarasan sinergi kewirausahaan dengan nilai merek/branding maupun performa salah satu UKM kreatif “Living with L.O.F” yang bergerak di bidang indoor gardening melalui kacamata branderpreneurship yang merupakan teori inti dari Wijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Living with L.O.F mampu menyinergikan kewirausahaan dengan pengembangan nilaii mereknya yang disimpulkan dalam performa branderpreneurship yang bernilai 2.68 (sangat baik), dimana Living with L.O.F memiliki kekuatan pada Identifying Values, Creating Values serta Maintaining Brand Community sehingga dinilai memiliki potensi berkembang menjadi brand dengan positioning dan tujuan yang kuat dalam kategorinya. Namun, Living with L.O.F memiliki kelemahan dalam mengimplementasikan strategi key opinion leader dan maintaining customer retention.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Branderpreneurship, UKM, Living with L.O.F, Positioning, Sinergi
Subjects: Communication Science
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fadilla Kania
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:34
Last Modified: 02 Oct 2020 08:34
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item