STRATEGI INFOGRAFIS SEBAGAI BAHASA VISUAL PADA SURAT KABAR TEMPO DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PEMBACA MUDA

Rahmansyah, Ridho (2020) STRATEGI INFOGRAFIS SEBAGAI BAHASA VISUAL PADA SURAT KABAR TEMPO DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PEMBACA MUDA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Infografis interaktif semakin banyak digunakan dalam jurnalisme online. Terutama dalam jurnalisme berbasis data, mereka menyediakan alat yang ampuh untuk merepresentasikan dan mengkomunikasikan informasi yang kompleks. Infografis merupakan bahasa visual yang sering kita jumpai di surat kabar. Komunikasi menggunakan gambar memungkinkan seseorang untuk memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya. Penyampaian informasi yang berkembang melalui gambar, membuat pesan tersampaikan, lebih kronologis seperti kejadian di lapangan, dan gambar dapat membuat pembaca tampak hadir pada kejadian tersebut, sehingga berita tentang kejadian tersebut mudah untuk disampaikan. untuk yang lainnya. Selain itu, infografik di koran memiliki daya tarik tersendiri tanpa mengurangi kredibilitas pemberitaan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif melalui wawancara dan studi pustaka, dengan teknik metode pengumpulan data. Informan penelitian adalah staff desain Infografis Koran Tempo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi infografis pada surat kabar tempo dapat meningkatkan minat baca pembaca muda. Dalam menciptakan infografis, desainer infografis memiliki alur kerja, yang brainstorming kegiatan, informasi dan pengumpulan data, penentuan konten, persiapan narasi, desain informasi visualisasi, dan publikasi infografis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Infografis, Surat Kabar, Koran, Berita
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ridho Rahmansyah
Date Deposited: 28 Oct 2020 08:41
Last Modified: 28 Oct 2020 08:41
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item