Analisis Kesetaraan Gender dalam Iklan Kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak” (Analisis Semiotika Model Roland Barthes)

Hadi, Ade Nisrina (2020) Analisis Kesetaraan Gender dalam Iklan Kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak” (Analisis Semiotika Model Roland Barthes). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img] Text (Cover)
00 cover.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Bagi sebagian besar mayarakat , terutama bagi mereka yang masih berpegang pada patriarki biasanya beranggapan bahwa pekerjaan memasak, merawat anak, mengantar anak ke sekolah, dan mngerjakan pekerjaan domestik merupakana hal yang biasanya dilakukan oleh kaum perempuan. Namun, terdapat sebuah iklan yang menyuarakan hal sebaliknya. Iklan tersebut adalah iklan Kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Dalam iklan ini, pembuat iklan ingin menyuarakan kesetaraan gender dan mengajarkan konsep baru, yaitu laki-laki (suami) pun sebenarnya bisa mengerjakan pekerjaan domestik terutama dalam memasak. Secara garis besar, iklan ini menceritakan kehidupan sepasang suami istri yang di dalam kesehariannya sama-sama memiliki pekerjaan di luar rumah dan iklan ini menggambarkan bagaimana peran suami istri dalam berbagi tanggung jawab pekerjaan rumah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Maka dari itu, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam iklan Kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pananda dan petanda dalam iklan tersebut memperlihatkan kesetaraan gender di dalam pekerjaan domestik khususnya memasak, yang mana memasak beserta ruang dapur dan segala perlengkapannya tidak hanya identik dengan peran seorang istri (perempuan) saja, akan tetapi seorang suami juga bisa melakukan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Semiotika Roland Barthes, Iklan, Kesetaraan Gender
Subjects: Communication Science
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ade Nisrina Hadi
Date Deposited: 23 Nov 2020 09:42
Last Modified: 23 Nov 2020 09:42
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

View Item View Item