OPTIMASI KETENAGAAN KERJA PADA PEKERJAAN PENGECORAN BETON BERTULANG PADA SHEARWALL DI KETINGGIAN DENGAN TIME AND MOTION STUDY

Prayudi, Bill Kenvi (2021) OPTIMASI KETENAGAAN KERJA PADA PEKERJAAN PENGECORAN BETON BERTULANG PADA SHEARWALL DI KETINGGIAN DENGAN TIME AND MOTION STUDY. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Produktivitas pekerja adalah faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam suatu pekerjaan konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh produktivitas pekerja pada shearwall terhadap biaya pekerjaan konstruksi dikarenakan oleh rendahnya produktivitas pekerja, yang disebabkan oleh banyaknya waktu tidak produktif yang terjadi selama pekerjaan konstruksi. Penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan dan menggunakan metode time and motion study. Data yang diambil adalah durasi setiap elemen pekerjaan yang dicatat ke dalam form observasi. Data tersebut akan ditampilkan ke dalam bentuk Crew Balance Chart dan didapat persentase waktu produktif serta waktu tidak produktif. Persentase tersebut akan digunakan untuk menghitung koefisien produktivitas tenaga kerja yang kemudian akan dimasukkan ke dalam tabel analisa harga satuan pekerjaan. Peningkatan produktivitas dilakukan dencan cara mengurangi jumlah pekerja yang tidak produktif lalu dihitung kembali persentase waktu produktif serta waktu produktif, kemudian dimasukkan kembali ke dalam diagram Crew Balance Chart. Lalu dihitung kembali koefisien dan perhitungan total biaya pekerjaan. Setelah didapat, dibandingkan hasil sebelum dan sesudah dioptimasi. Hasil analisis dan penelitian menunjukkan bahwa persentase produktivitas pekerja vibrator yang semula 43,755% dengan total biaya pekerjaan 13 m³ Rp.17.468.555, dioptimasi menjadi 85,625% dengan total biaya pekerjaan 13 m³ Rp.17.078.269. Kesimpulannya adalah kerugian yang dihasilkan akibat rendahnya produktivitas dapat berdampak cukup besar pada volume pekerjaan yang lebih besar sehingga dapat diminimalisir dengan peningkatan produktivitas pekerja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Time and Motion Study, Produktivitas, durasi, biaya, Crew Balance Chart
Subjects: Civil Engineering > Management of engineering works
Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Bill Kenvi Prayudi
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:12
Last Modified: 19 Feb 2021 07:12
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item