Analisis Resepsi Khalayak Pada Fenomena Beauty Privilege Dalam Serial K-Drama My ID is Gangnam Beauty

Azzahra, Aisha Poetri (2021) Analisis Resepsi Khalayak Pada Fenomena Beauty Privilege Dalam Serial K-Drama My ID is Gangnam Beauty. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai media massa, film dianggap mampu memengaruhi setiap orang yang menontonnya. Banyak pula film yang mengangkat berbagai fenomena sosial seperti salah satunya fenomena beauty privilege. Sering kali orang dengan paras rupawan dianggap lebih beruntung dan lebih baik dalam menjalankan kehidupan, namun kenyataannya tidak selalu seperti itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerimaan khalayak pada fenomena beauty privilege dalam serial K-Drama “My ID is Gangnam Beauty“. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi analisis resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa key informan lebih dominan berada di posisi negosiasi, dengan hasil kesimpulan penelitian bahwa perlu adanya pendekatan yang lebih realistis dalam melihat kecantikan perempuan. Menjadi cantik memang baik, namun tidak seharusnya kecantikan menjadi parameter terpenting dalam menentukan siapa kita sebenarnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Fenomena Beauty Privilege, Drama Korea, Film, Analisis Resepsi, Stuart Hall
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aisha Poetri Azzahra
Date Deposited: 25 Aug 2021 09:14
Last Modified: 25 Aug 2021 09:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item