Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Arus Kas Masa Mendatang (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2013-2015)

Lestari, Lestari (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Arus Kas Masa Mendatang (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2013-2015). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (955kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi arus kas masa mendatang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain laba bersih, arus kas aktivitas operasi, arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan, dan arus kas masa mendatang. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia berturut-turut dari tahun 2013-2015. Sampel dipilih berdasarkan beberapa kriteria dan setelah melewati tahap purposive sampling jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 11 perusahaan. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laba bersih berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang, penurunan laba bersih akan memberikan informasi kepada kreditur maupun investor untuk tidak menanamkan dananya ke perusahaan, kondisi ini pada gilirannya akan mendorong penurunan arus kas perusahaan secara keseluruhan. Arus kas aktivitas operasi berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang, hal ini dikarenakan, arus kas yang berasal dari aktivitas operasi berasal dari kegiatan utama perusahaan yang sifatnya berulang dan berkesinambungan. Oleh karena itu, arus kas dari aktivitas operasi dapat mencerminkan sebagian besar kelanjutan arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan di periode selanjutnya. Arus kas aktivitas investasi berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang, hal ini diduga karena perusahaan sektor pertambangan mengalami divestasi yang akan mengurangi produktifitas dan pendapatan di masa mendatang, yang pada giliriannya arus kas masa mendatang juga akan mengalammi penurunan. Arus kas aktivitas pendanaan berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang, hal ini diduga disebabkan ketika perusahaan sektor pertambangan menerima dana jangka panjang dari kreditur maupun pemegang saham dan dipergunakan dalam investasi jangka panjang, namun investasi tersebut belum produktif. Sehingga belum mampu menghasilkan tambahan arus pada satu tahun ke depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : laba bersih, arus kas aktivitas operasi, arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan, dan arus kas masa mendatang.
Subjects: Accounting
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:46
Last Modified: 16 Mar 2017 08:46
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item