Pengalaman Konsumen dalam Melakukan Pembelian Secara Kompulsif Melalui Dompet Digital Shopeepay di Masa Pandemi

Miraj, Saskia Khalidea (2022) Pengalaman Konsumen dalam Melakukan Pembelian Secara Kompulsif Melalui Dompet Digital Shopeepay di Masa Pandemi. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of 00. Cover.]
Preview
Text (00. Cover.)
Text (COVER).pdf - Submitted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 01. BAB I-III.] Text (01. BAB I-III.)
Text (BAB I - III) .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV.] Text (02. BAB IV.)
Text (BAB IV) .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Text (BAB V) .pdf] Text
Text (BAB V) .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf]
Preview
Text
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Submitted Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of Text (LAMPIRAN) .pdf] Text
Text (LAMPIRAN) .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengalaman Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Secara Kompulsif Melalui Dompet Digital Shopeepay Di Masa Pandemi ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengalaman konsumen tersebut dapat terjadi. Perilaku pembelian kompulsif merupakan perilaku belanja yang mengakibatkan konsumen tidak dapat mengontrol keinginanya dalam berbelanja secara berlebihan. Penelitian ini masih sangat jarang dibahas oleh literatur dan perusahaan, padahal pada kenyataanya saat ini sudah ditemukan konsumen-konsumen yang melakukan pembelian secara berlebihan berdasarkan perasaan negatif yang sedang dialami. Seringkali menghabiskan tabungannya untuk barang-barang yang tidak memiliki nilai guna atau manfaat untuk kehidupan konsumen sehari-hari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan subjek penelitian individu yang gemar berbelanja, suka menghabiskan waktu di shopee, dan menggunakan metode pembayaran shopee pay maupun paylater untuk bertransaksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku pembelian cenderung kompulsif dapat terjadi dan bagaimana pemaknaan dari perilaku tersebut bagi konsumen. Penelitian ini dikasi menggunakan konsep dimensi compulsive buying oleh Edwards (1993). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berfokus pada pengalaman subjek dalam melakukan pembelian yang cenderung kompulsif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perilaku pembelian disini disebabkan oleh berbagai macam faktor internal dan eksternal yang menjadi motivasi utama subjek untuk melakukan pembelian barang-barang yang tidak penting secara berlebihan tanpa memikirkan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengalaman Konsumen, Perilaku Pembelian Kompulsif, Shopeepay.
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Saskia Khalidea
Date Deposited: 21 Aug 2022 10:12
Last Modified: 21 Aug 2022 10:12
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item