Analisis Pemanfaatan Insentif Pajak dan Strategi Penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Selama Pandemi Covid-19

Utami, Fitriya Citra (2022) Analisis Pemanfaatan Insentif Pajak dan Strategi Penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Selama Pandemi Covid-19. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan Wajib Pajak Orang Pribadi pelaku UMKM dalam memanfaatkan insentif pajak, strategi penjualan UMKM dalam mengatasi situasi pandemi, dampak insentif pajak dan strategi penjualan pada keberlangsungan usaha UMKM, tanggapan Jasa Konsultan Pajak terkait pemanfaatan kebijakan insentif, dan analisis kegiatan KPP Pratama Jakarta Jagakarsa terkait kebijakan insentif pajak PPh Final 0,5% DTP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, tanggapan WP OP UMKM sebanyak 70% tidak mengetahui kebijakan insentif, dan sebanyak 75% pelaku UMKM tidak memanfaaatkan insentif tersebut. Terkait strategi penjualan UMKM, sebanyak 70% UMKM mengatasi dampak pandemi melalui penjualan di WhatsApp dan 30% menggunakan e-commerce. Dampak pemanfaatan insentif dirasakan oleh 25% pelaku UMKM dan terdapat 30% pelaku UMKM yang tidak mengalami penurunan omzet. Pada jasa konsultan pajak, terdapat WP OP yang memakai jasa mereka terkait kebijakan tersebut, tetapi jumlahnya sedikit. Kemudian, pihak KPP Pratama Jakarta Jagakarsa telah melakukan sosialisasi pada pihak UMKM, akan tetapi sosialisasi yang dilakukan belum merata sehingga masih banyak pelaku UMKM yang tidak mengetahui adanya kebijakan ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Insentif Pajak, Keberlangsungan Usaha, Strategi Penjualan
Subjects: Accounting > Tax Accounting
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Fitriya Citra Utami
Date Deposited: 14 Aug 2022 10:33
Last Modified: 14 Aug 2022 10:33
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item