Preferensi Konsumen Terhadap Desain Kemasan Kopi Spesialti Melalui Uji Sensori secara Virtual

Sukarno, Serena Rinjani (2022) Preferensi Konsumen Terhadap Desain Kemasan Kopi Spesialti Melalui Uji Sensori secara Virtual. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - II] Text (BAB I - II)
01 BAB I - II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
02 BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
03 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Kopi spesialti merupakan kopi yang memiliki kualitas tinggi dengan cita rasa unik dan dikembangkan dengan teknik khusus. Desain kemasan kopi spesialti perlu dibuat untuk menarik perhatian konsumen sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu menilai desain kemasan kopi spesialti yang sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian dilakukan dengan dua tahap, yaitu kuesioner tahap awal untuk memilih elemen desain kemasan dan uji sensori sebagai penilaian desain kemasan tersebut. Uji sensori pada penelitian ini dilakukan secara virtual karena terbukti memberikan hasil yang efektif pada penelitian sebelumnya. Terdapat empat desain yang dibuat berdasarkan perbedaan usia, yaitu Desain 1 untuk mewakili keseluruhan usia, Desain 2 untuk mewakili Gen Z, Desain 3 untuk mewakili Milenial, dan Desain 4 untuk mewakili Gen X. Atribut uji sensori yang dinilai antara lain harmoni warna, komposisi gambar, jenis font, kejelasan informasi label, dan keseluruhan. Uji sensori ini melibatkan 150 orang panelis yang diperoleh melalui media sosial. Hasil uji sensori diperoleh untuk harmoni warna yang paling disukai adalah Desain 4, untuk atribut gambar adalah Desain 2, untuk atribut jenis font adalah Desain 3, untuk atribut kejelasan informasi label adalah Desain 1, dan untuk atribut secara keseluruhan adalah Desain 2. Desain 2 yang merupakan desain paling disukai ini memiliki hasil yang berbeda signifikan dengan desain lainnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Desain kemasan, kopi spesialti, uji sensori, preferensi konsumen
Subjects: Food Science and Technology
Food Science and Technology > Analisis Sensori
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Serena Rinjani Sukarno
Date Deposited: 16 Aug 2022 09:55
Last Modified: 16 Aug 2022 09:55
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6332

Actions (login required)

View Item View Item