Strategi Komunikasi Pemasaran Yayasan Bakrie Amanah pada Program Qurban Untuk Negeri Tahun 2022

Mahalli, Muhammad Hatta (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Yayasan Bakrie Amanah pada Program Qurban Untuk Negeri Tahun 2022. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Keberadaan lembaga filantropi Islam di Indonesia menarik untuk dikaji lebih dalam diakrenakan tersimpannya potensi sosial-ekonomi dalam pengembangan jenis lembaga tersebut. Semakin banyaknya lembaga filantropi Islam di Indonesia, semakin banyaknya produk atau jasa yang dipasarkan sehingga komunikasi pemasaran menjadi faktor penting dalam menunjang keberhasilan lembaga tersebut. Pada penelitian ini, dikaji strategi komunikasi pemasaran dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Bakrie Amanah yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Penelitian ini mendesrkipsikan strategi komunikasi pemasaran serta efektivitas media promosi yang digunakan oleh Yayasan Bakrie Amanah pada Qurban Untuk Negeri 2022. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode studi kasus (case study) pada penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil menunjukkan bahwa Laz Bakrie Amanah telah melakukan strategi dalam menarik minat donaturnya dengan menentukan jenis hewan dan harganya serta pemberian nama brand sesuai dengan kategori produknya. Harga yang dicantumkan dalam produknya dapat memudahkan para donaturnya dalam memilih produk yang tersedia. Kemudian, zonasi dilakukan sesuai dengan keinginan donator sehingga lebih mudah dalam penyaluran produk. Untuk strategi promosinya juga dilakukan dengan berbagai macam cara untuk menarik minat donatur. Sampai sekarang, Laz Bakrie Amanah masih fokus dalam melayani internal perusahaan dan karyawan Kelompok Usaha Bakrie. Saran dari penulis yakni perlunya penjelasan terkait dengan perbedaan bauran pemasran untuk jasa dan untuk produk. Selain itu juga terkait dengan strategi pemasarannya yakni dengan memperhatikan situasi masyarakat sekarang ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Qurban; Filantropi Islam
Subjects: Management
Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Hatta Mahalli
Date Deposited: 21 Aug 2022 02:03
Last Modified: 21 Aug 2022 02:03
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6668

Actions (login required)

View Item View Item