Praktik Kultural Penggunaan Aplikasi Digital ‘Sayurbox’ dalam Konsumsi Sehari-hari

Aziz, Reza Pratama (2022) Praktik Kultural Penggunaan Aplikasi Digital ‘Sayurbox’ dalam Konsumsi Sehari-hari. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (00.Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (431kB) | Preview
[img] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text (04. Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text (05. Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Perkembangan aplikasi digital merambah pemasaran produk-produk agrikultural dan berimplikasi pada perkembangan digital agricultural branding. Salah satu contohnya adalah platform aplikasi digital Sayurbox yang semakin populer di kalangan konsumen. Namun demikian, penggunaan aplikasi tidak jarang menimbulkan masalah dan tantangan karena melibatkan perubahan budaya konsumsi. Menggunakan pendekatan konsep dan metode Appsnografi oleh Wijaya, penelitian ini mewawancarai dan mengobservasi secara digital dan langsung praktik kultural konsumen Sayurbox dalam penggunaan aplikasi untuk konsumsi sehari-hari. Berbagai aspek Appsnografi menjadi alat analisis, yakni tekno-fisikal, tekno-diskursivitas, tekno-sosiokultural, tekno-komunikasi, dan tekno-medialitas. Hasil menunjukkan kecenderungan konsumen menggunakan aplikasi dikarenakan kenyamanan layanan layaknya pasar modern dan pengalaman buruk di pasar tradisional. Setiap konsumen juga memiliki ritual sendiri dalam konsumsi aplikasi digital Sayurbox termasuk kebiasaan-kebiasaan khas, fitur favorit, dan proses pembayaran barang belanjaan. Konsumen juga terhubung komunitas konsumen dan media sosial Sayurbox. Bahasa dan komunikasi merek dan penjualan Sayurbox menggunakan simbol-simbol khas pertanian, nutrisi, dan estetika visual yang kuat. Penelitian ini dapat menginspirasi penelitian-penelitian berikutnya terkait agricultural branding yang masih jarang. Juga menjadi insights penuh makna bagi industri dalam mempraktikkan agricultural branding secara digital serta penggunaan Appsnografi dalam riset konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Appsnografi, Agricultural Branding, e-Commerce, Komunikasi Pemasaran, Aplikasi Digital
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Reza Pratama Aziz
Date Deposited: 21 Aug 2022 02:41
Last Modified: 21 Aug 2022 02:41
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item