Strategi Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia Memanfaatkan Twitter Dalam Diplomasi Digital Tahun 2020-2021

Resky, Sekar Anugrah (2022) Strategi Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia Memanfaatkan Twitter Dalam Diplomasi Digital Tahun 2020-2021. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-3] Text (BAB 1-3)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Indonesia dalam hubungan internasional terutama dalam diplomasi telah merasakan manfaat yang diberikan oleh perkembangan media sosial. Indonesia mempunyai dunia diplomasi yang responsif dalam beradaptasi dengan perubahan global pada dunia maya. Dari hal tersebut, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia melakukan penyesuaian terutama membentuk satuan kerja yang menangani hal tersebut. Disamping itu, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia juga memberikan dorongan kepada diplomat untuk “melek” akan media sosial dengan beberapa cara salah satunya seperti memiliki akun resmi pada setiap direktorat. Melalui media sosial, Kemenlu RI serta diplomat Indonesia dapat menyelesaikan tugasnya dengan lebih baik. Akun yang memiliki pengaruh pada media sosial mampu memberikan informasi yang berguna untuk Kemenlu RI. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur yang bersumber pada jurnal, buku dan media. Fokus penelitian ini kepada media sosial Twitter sebagai platform yang dapat menjangkau semua orang. Kemampuan penjangkauan yang ditargetkan yang ditawarkan Twitter. Pemilihan media sosial Twitter dalam penelitian ini ialah dari segi interaksi masyarakat kepada Kemenlu RI dari berbagai media sosial yang Kemenlu RI miliki, terlihat partisipasi aktif di media sosial Twitter serta informasi yang cepat diberikan oleh Kemenlu RI yaitu melalui bedia sosial Twitter.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi, Twitter, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Sekar Anugrah Resky
Date Deposited: 21 Aug 2022 05:58
Last Modified: 21 Aug 2022 05:58
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item View Item