ANALISIS VILLAGE AND RURAL BRANDING PADA PEMEREKAN DUSUN BUTUH SEBAGAI NEPAL VAN JAVA

Kuswara, Dimas Fadillah (2022) ANALISIS VILLAGE AND RURAL BRANDING PADA PEMEREKAN DUSUN BUTUH SEBAGAI NEPAL VAN JAVA. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00_COVER.pdf]
Preview
Text
00_COVER.pdf - Submitted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Dusun Butuh atau yang dikenal sebagai Nepal Van Java merupakan salah satu desa wisata yang memiliki banyak potensi walaupun sudah dikenal sebagai desa wisata namun nama dan produk dari Dusun Butuh ini masih minim terdengar ke para wisatawan lokal maupun mancanegara karena keterbatasan dalam hal promosi dan branding. Dusun butuh mempromosikan desanya melalui salah satu media sosial yaitu instagram oleh karena itu studi ini menyelidiki bagaimana kondisi dan reprentasi dusun butuh sebagai Nepal Van Java ditinjau dari Village and Rural Branding. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplanatif dengan pendekatan kualitatif, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi dan represntasi di instagram yang di analisis dengan menggunakan 6 dimensi straregis untuk mengembangkan potensi kekhasan desa dan pedesaan tidak berbeda jauh. Pemerekan Dusun Butuh dilihat melalui kacamata teori Village and Rural Branding menjadi suatu bagian penting dalam mengembangkan industri kepariwisataan secara umumnya dan khususnya juga dapat pengembangan desa wisata yang tengah berkembang Pemerintah harus lebih mendukung pengembangan desa wisata untuk kepentingan Village and Rural branding sehingga diperlukan adanya koordinasi kebersamaan antara masyaratat Dusun serta Pemerintah kota setempat. Hal ini agar Village and Rural branding “Nepal Van Java” dapat menjadi lebih terkenal lagi. Serta dukungan dari masyarakat tentunya membantu mengoptimalkan pengembangan Dusun Butuh. Masyarakat perlu meningkatkan dan mempererat keharmonisan agar Dusun Butuh semakin berkembang, hal ini juga tidak luput dari generasi muda untuk membangun hasrat terus berkreasi dan lebih maju dengan menggunakan media sosial.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Dusun Butuh, Representasi, Branding, Village and Rural Branding
Subjects: Communication Science
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dimas Fadillah Kuswara
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:16
Last Modified: 04 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item