Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan OVO (Studi Kasus pada Pengguna Layanan Grab saat Era PPKM)

Fath, Rizal Amirul (2023) Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan OVO (Studi Kasus pada Pengguna Layanan Grab saat Era PPKM). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat masa pandemi, dapat diketahui bahwa OVO termasuk ke dalam top 3 besar layanan uang elektronik yang memiliki tingkat awareness dan tingkat penggunaan yang cukup tinggi. Selain itu, ketika sesudah puncak masa pandemi, tingkat masyarakat yang menggunakan OVO itu meningkat dengan perlahan, sehingga nantinya akan menimbulkan beberapa faktor yang mungkin dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumen sebelum menggunakan dompet digital OVO. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor seperti Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Kemanfaatan itu dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen akan OVO. Penelitian ini menggunakan Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Kemanfaatan sebagai tiga variabel bebas serta Keputusan Penggunaan sebagai variabel terikat, dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala semantic differential. Penelitian ini juga termasuk dalam jenis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer-nya menggunakan kuesioner serta menggunakan Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel data, dan menggunakan Uji regresi linier berganda sebagai metode untuk menganalisis data dengan bantuan SPSS 25 dan Ms. Excel dalam mengolah data tersebut. Hasil dan kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu faktor seperti Promosi Penjualan dan Kemanfaatan itu berpengaruh positif serta bersifat signifikan terhadap keputusan penggunaan OVO. Namun, faktor kemudahan penggunaan itu tak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan OVO.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Electronic Money, Usage Decision, Sales Promotion, Ease of Use, Perceived of Usefulness, Uang Elektronik, Keputusan Penggunaan, Promosi Penjualan , Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan.
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Customer Behavior
Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizal Amirul Fath
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:26
Last Modified: 24 Jan 2023 03:26
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item