SEGMENTASI SERTIFIKAT HALAL PADA WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL

Yuniar, Nurfira (2023) SEGMENTASI SERTIFIKAT HALAL PADA WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan produk halal saat ini telah menjadi isu universal, yang mempengaruhi seluruh pelanggan tidak hanya umat muslim. Sertifikat halal dapat menjamin keamanan, kebersihan dan kehalalannya, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan K-Means clustering untuk mengidentifikasi segmentasi sertifikat halal di Indonesia. Sehingga, pemerintah dapat membuat strategi yang cocok untuk masing-masing kelompok wilayah. Terdapat 12 variabel yang menjadi tolak ukur dalam penelitian ini, yaitu Jumlah sertifikat Halal, Jumlah produk Halal, Jumlah sertifikat halal berdasarkan jenis pendaftaran, skala usaha, jenis layanan, area pemasaran serta rata-rata pertumbuhan dari masing-masing variabel. Pengolahan data dibantu dengan aplikasi SPSS V.25. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cluster 1 merupakan kelompok wilayah dengan rata-rata pertumbuhan sertifikat halal tertinggi, tetapi kurang dalam kuantitas. Cluster 2 merupakan kelompok wilayah dengan rata-rata tingkat pertumbuhan yang selalu positif. Cluster 3 merupakan kelompok wilayah yang memiliki rata-rata pertumbuhan sertifikat halal terendah, dan cenderung mengalami penurunan pada tahun terakhir. Cluster 4 merupakan kelompok wilayah yang didominasi oleh usaha bisnis yang besar yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Cluster 5 merupakan kelompok wilayah yang didominasi oleh bisnis lokal yang berskala usaha mikro dan kecil.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Sertifikat Halal, Segmentasi, Clustering, Clustering K-Means
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Management > Corporate Strategy
Management Research > Market Orientation
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nurfira Yuniar
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:06
Last Modified: 17 Feb 2023 08:06
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item