STABILITAS PELAT ORTHOTROPIK LANDASAN PACU TERHADAP KOMBINASI BEBAN IN-PLANE DAN BEBAN DINAMIK TRANSVERSAL DI ATAS PEMODELAN TANAH PONDASI KERR

Reza, Muhammad Daffa Fachrur (2023) STABILITAS PELAT ORTHOTROPIK LANDASAN PACU TERHADAP KOMBINASI BEBAN IN-PLANE DAN BEBAN DINAMIK TRANSVERSAL DI ATAS PEMODELAN TANAH PONDASI KERR. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Beban in-plane merupakan beban aksial tarik ataupun tekan yang bekerja secara lateral pada bidang pelat. Apabila beban in-plane yang bekerja melebihi batas beban kritis pada pelat maka akan terjadi tekuk (buckling) secara tiba-tiba, sehingga terjadi ketidakstabilan elastisitas pelat. Penelitian ini mengambil studi kasus pada pelat landasan pacu yang mana sering kali mengalami tekanan akustik tingkat tinggi, sehingga perkerasan landasan pacu dapat bergetar dengan deformasi amplitudo besar yang menyebabkan terjadinya interaksi multi modal dan resonansi internal. Pemodelan tanah pondasi Kerr pada penelitian ini menambah nilai akurasi hasil yang akan diperoleh sesuai dengan keadaan realitas lapangan dengan data tanah yang telah dikorelasikan. Salah satu metode analisis defleksi suatu pelat adalah metode Levy yang mana metode ini mengemukakan kasus dengan bentuk perpindahan (displacement) daripada pelat yang diasumsikan menyesuaikan parameter sehingga persamaan yang mengatur dan kondisi batas terpenuhi. Metode ini tepat digunakan dengan jenis pelat orthotropik perletakan simply supported pada keempat sisinya yang menjadi pelat tinjauan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pelat Orthotropik, Stabilitas Elastisitas Pelat, Beban In-Plane, Landasan Pacu, Pemodelan Tanah Pondasi Kerr, Defleksi Pelat, Metode Levy, Simply Supported.
Subjects: Civil Engineering > Building Construction
Civil Engineering > Foundation Engineering
Civil Engineering > Numerical Analysis
Civil Engineering > Structural Analysis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Muhammad Daffa Fachrur Reza
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:40
Last Modified: 20 Feb 2023 01:40
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item