Analisis Strategi Social Media Marketing Instagram Mining Industry Indonesia dalam Membangun Brand Awareness

Utami, Marshelina Tri (2023) Analisis Strategi Social Media Marketing Instagram Mining Industry Indonesia dalam Membangun Brand Awareness. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Kehadiran media sosial pada saat ini membawa peluang bagi sebuah perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya. Dengan kian bertambahnya pengguna Instagram di Indonesia setiap tahunnya, banyak pelaku bisnis dan perusahaan yang memanfaatkan Instagram sebagai tempat melakukan komunikasi pemasaran di media sosial. MIND ID sebagai salah satu perusahaan BUMN baru dalam bidang pertambangan melakukan strategi komunikasi pemasaran media sosial di Instagram untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran media sosial Instagram MIND ID dalam membangun brand awareness. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data in-depth interview serta observasi. Penelitian ini dikaji menggunakan teori social media marketing dari Kim dan Ko (2012) dan brand awareness dari Keller, K.L., Parameswaran, M. G., &Jacob (2016). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MIND ID hanya menjalankan empat dari lima konsep pada teori social media marketing dari Kim dan Ko (2012) yaitu entertainment, interactions, trendiness, internet word of mouth. Untuk konsep customization, MIND ID mengakui bahwa mereka belum menjalankan konsep tersebut. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan pengikut Instagram MIND ID dinyatakan bahwa konten-konten pada Instagram MIND ID telah sesuai dengan kebutuhan para pengikutnya. Dalam upaya membangun brand awareness, MIND ID sudah melakukan dua tahapan dari teori Keller, K.L., Parameswaran, M. G., &Jacob (2016) yaitu brand recognition dan brand recall. Namun setelah dianalisa, para pengikut Instagram MIND ID hanya sampai pada tahapan brand recognition dan belum sampai pada tahap brand recall. MIND ID sebagai perusahaan pertambangan sudah baik dalam memilih media sosial Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk membangun brand awareness, meskipun memang masih perlu ditingkatkan dalam beberapa hal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Social media marketing, Perusahaan Pertambangan, Brand Awareness
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Marshelina Tri Utami
Date Deposited: 20 Feb 2023 08:14
Last Modified: 20 Feb 2023 08:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item