Generasi Z dan Penggunaan Aplikasi Online Dating Tinder

Balqis, Nadifa Putri (2023) Generasi Z dan Penggunaan Aplikasi Online Dating Tinder. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya teknologi membuat kultur kencan di Indonesia telah berubah, termasuk di kalangan generasi Z. Adanya fenomena dating apps Tinder ini dapat terjadi dikarenakan melalui generasi Z yang memiliki karakteristik hiper-kustominasi, FOMO, weconomist, dan terpacu. Mereka memang dikenal sebagai generasi yang tech savvy, apapun yang saat ini sedang trend atau populer baik di media sosial maupun di berbagai platform lainnya, akan selalu menarik atensi bagi generasi Z. Menurut mereka, hal tersebut tidak boleh tertinggal sedikitpun. Sehingga, kemunculan aplikasi Tinder sangat disambut baik oleh generasi Z, meskipun memang banyaknya stigma negatif yang menempel pada aplikasi ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana karakteristik generasi Z dalam menggunakan aplikasi online dating Tinder yang akan ditinjau melalui teori karakteristik generasi Z dan penetrasi sosial, dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian ini adalah aplikasi Tinder, sementara subjek penelitian ini adalah empat informan yang sudah dilakukan wawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa meskipun stigma negatif dari Tinder masih melekat, generasi Z tetap menggunakan aplikasi tersebut untuk menjadikan sebuah wadah yang positif bagi mereka untuk berinteraksi, bertemu, bersosialisasi, dan menciptakan hubungan melalui media Tinder. Dengan menerapkan teori penetrasi sosial, menunjukkan bahwa semakin dekat hubungan antar individu, semakin besar kenyamanan dan kedalaman lapisan tersebut, karena semakin banyak topik yang dapat didiskusikan dan semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama. Sebaliknya, jika hubungan masih dalam tahap awal, keluasan topik dan kedalaman pembicaraan akan semakin rendah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Generasi Z, Aplikasi Kencan, Online Dating, dan Tinder
Subjects: Communication Science
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nadifa Putri Balqis
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:32
Last Modified: 21 Feb 2023 08:32
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7404

Actions (login required)

View Item View Item