Motif Followers Instagram @kelaspenyiar_id

Bailussy, Viviet Sandra (2017) Motif Followers Instagram @kelaspenyiar_id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (886kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Salah satu teori komunikasi massa yaitu Uses and Gratification mengatakan bahwa khalayak kini sudah aktif dalam memilih media yang ingin digunakannya untuk memenuhi kebutuhan yang hendak dicapai. Perkembangan media yang begitu cepat, media online seperti instagram dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Segmentasi yang beragam semakin mengerucutkan minat khalayak dalam pemilihan media guna mendapatkan informasi yang relevan terhadap minat yang dimiliki. Kelas Penyiar Indonesia (KPI) adalah salah satu komunitas yang menggunakan instagram sebagai alat penyebaran infromasi terkait bidang broadcasting dan penyiaran. Penelitian ini berisikan motif khalayak mem-follow akun instagram KPI. Metode kualitatif deksriptif dipilih guna menjelaskan lebih dalam tentang motif followers. Terdapat empat motif yang digunakan untuk mencari tahu motif followers yaitu pengalihan (diversion), hubungan pribadi (personal relationship), identitas pribadi (personal identity), dan pengawasan (surveillance). Dari lima informan, didapati tiga alasan followers mem-follow akun instagram KPI yaitu (1) untuk mengetahui tentang kegiatan yang dilakukan KPI, untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan, dan untuk mendapatkan infromasi tentang broadcasting dan penyiaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan hanya sekedar menerima informasi dari postingan akun instagram KPI, sehingga dapat dikatakan bahwa informan tidak tergolong aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkannya. Informasi yang didapat informan gunakan sebagai pemuas kebutuhan tentang broadcasting yang diinginkan oleh pribadi informan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, motif pengalihan, motif hubungan pribadi, motif identitas pribadi, motif pengawasan.
Subjects: Communication > Mass Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Viviet Sandra Bailussy
Date Deposited: 23 Aug 2017 08:14
Last Modified: 23 Aug 2017 08:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item