Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015

Umairah, Dini (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf.PDF - Submitted Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2015. Variabel dalam penelitian ini antara lain corporate social responsibility, nilai perusahaan, dan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling setiap tahun selama tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 sehingga diperoleh 48 sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji analisis regresi moderasi yang diolah dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Pemicu utama yang menyebabkan kejadian ini adalah kecenderungan investor dalam membeli saham, rendahnya pengungkapan corporate social responsibility, dan variabel corporate social responsibility tidak dapat diukur secara langsung serta karena sebagian besar perusahaan hanya berfokus pada faktor keuangan. Perusahaan kurang peduli terhadap faktor lingkungan dan sosial, terbukti dengan pengungkapan yang dilakukan perusahaan masih jauh dari standar yang telah ditetapkan, dan juga dibuktikan dengan tidak konsistennya perusahaan dalam setiap periode untuk mengungkapkan corporate social responsibility perusahaannya kepada masyarakat dan pemangku kepentingan. Sedangkan profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak dapat memoderasi hubungan antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya perusahaan manufaktur di Indonesia yang bersikap sukarela dalam pelaksanaan corporate social responsibility. Sehingga walaupun perusahaan tersebut memiliki profitabilitas yang tinggi, perusahaan hanya mengeluarkan anggaran corporate social responsibility yang rendah. Kata Kunci: corporate social responsibility, nilai perusahaan, dan profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, nilai perusahaan, dan profitabilitas
Subjects: Management > Corporate Social Responsibility
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Dini Umairah
Date Deposited: 15 Sep 2017 02:07
Last Modified: 15 Sep 2017 02:07
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item