ANALISIS STRATEGI MPR NIVEA PADA KAMPANYE LAUNCHING MICELLAR WATER

Nabila, Nabila (2017) ANALISIS STRATEGI MPR NIVEA PADA KAMPANYE LAUNCHING MICELLAR WATER. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu strategi yang mengusung komunikasi dua arah sekaligus bertujuan membangun hubungan erat antara brand dan konsumen adalah strategi MPR. Pada dasarnya, pemasaran (marketing) dan public relations (PR) adalah dua disiplin ilmu yang memiliki perbedaan yang sangat jelas dalam objektif dan taktik. Namun seiring perkembangan waktu, aplikasi keduanya ternyata seringkali berkaitan. Fungsi PR dan fungsi marketing mampu memberikan irisan dalam kaitannya dengan citra yang didapat terhadap perusahaan. NIVEA adalah brand yang menerapkan strategi MPR untuk kampanye nya, termasuk kampanye launching produk Micellar Water. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari strategi yang telah di lakukan NIVEA dalam meluncurkan produk baru Micellar Water. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan cara pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan Junior Brand Manager dari pihak NIVEA Indonesia dan digital strategist dari XION selaku creative agency NIVEA, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teori yang digunakan adalah 7-step of Strategic Planning Process oleh Patricia T. Whalen. Melalui penelitian, dapat diketahui bahwa Strategi promosi MPR di anggap paling sesuai dengan karakteristik dan behavior target market karena pola komunikasi yang menggunakan connectors antara sender dan receiver. Serta dalam kampanye ini NIVEA menggunakan taktik periklanan dan special event. Kampanye NIVEA semuanya terintegrasi dan terdapat benang merah komunikasi yang jelas antar kampanye, yaitu ‘Makeup by You, Cleansed by NIVEA.’ Promosi periklanan dilakukan terlebih dahulu untuk menginformasikan kepada target market tentang adanya produk baru dari NIVEA. Kemudian diikuti dengan special event untuk mendapatkan media coverage yang lebih besar di media online dan memperbesar potensi word of mouth tentang produk NIVEA Micellar Water. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat irisan antara taktik special event dan periklanan yang membuat promosi NIVEA Micellar Water semakin kuat, yakni keduanya melibatkan expert sekaligus brand ambassador Bubah Alfian sebagai daya tarik utama dalam menyampaikan pesan sekaligus memberikan edukasi tentang produk NIVEA Micellar Water. Penggunaan expert di kedua lini promosi dapat semakin menguatkan asosiasi NIVEA sebagai brand skin care yang dipercaya oleh expert. Kata kunci: Komunikasi, Strategi, Marketing Public Relations, special event, periklanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Strategi, Marketing Public Relations, special event, periklanan.
Subjects: Business > Advertising
Marketing > Advertising

Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: NABILA
Date Deposited: 08 Dec 2017 08:07
Last Modified: 08 Dec 2017 08:07
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item