Perbaikan Proses Bisnis Pelayanan Kesehatan Di Bagian Pendaftaran Unit Pelayanan Jantung Terpadu RSUPN DR. Cipto Mangunkusuo

Theresia, Claudya (2018) Perbaikan Proses Bisnis Pelayanan Kesehatan Di Bagian Pendaftaran Unit Pelayanan Jantung Terpadu RSUPN DR. Cipto Mangunkusuo. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 Daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan pendaftaran. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai perbaikan proses bisnis pelayanan kesehatan di bagian pendaftaran Unit Pelayanan Jantung Terpadu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif yaitu melakukan observasi dan wawancara kepada petugas, pasien maupun keluarga pasien di mana jumlah petugas yang diwawancarai sebanyak dua orang. Teknik wawancara yang dilakukan kepada petugas, pasien maupun keluarga pasien adalah wawancara tidak berstruktur. Wawancara dilakukan penulis ketika menemukan pasien yang mengalami kesalahan pendaftaran. Jumlah pasien yang diwawancarai sebanyak empat orang. Hasil penelitian menemukan bahwa kesalahan pendaftaran yang terjadi selama periode penelitian mulai bulan November 2017 sampai dengan bulan Februari 2018, berjumlah 42 kesalahan pendaftaran. Untuk menganalisis faktor-faktor kesalahan pendaftaran, penulis melakukan analisis diagram tulang ikan yang terdiri dari faktor manusia, mesin, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan kesalahan pendaftaran adalah faktor manusia. Hal tersebut terjadi karena petugas kurang teliti dalam melakukan pendaftaran, dan beban kerja melebihi batas yang seharusnya. Faktor lain yaitu mesin, dan jaringan yang digunakan dalam proses pendaftaran memiliki keterbatasan dalam beroperasi, dan faktor metode yaitu standar prosedur operasional yang tidak diperbaharui, pembagian tugas tidak sesuai identifikasi antrean, dan tata letak yang kurang mendukung proses pendaftaran. Pada tahap akhir, penulis mengajukan rekomendasi perbaikan alur proses bisnis yang lebih detail.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: kesalahan pendaftaran, faktor kesalahan pendaftaran, proses bisnis.
Subjects: Management > Business Process Management
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: CLAUDYA THERESIA
Date Deposited: 20 Aug 2018 10:12
Last Modified: 20 Aug 2018 10:12
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item