REPRESENTASI KONSEP ROMANTIS DALAM IKLAN ASUS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN YOUTUBE ASUS ZENFONE 4 SELFIE PRO VERSI “GONG YOO & TATJANA ROMANTIC LOVE STORY”)

Wibowo, Amanda (2018) REPRESENTASI KONSEP ROMANTIS DALAM IKLAN ASUS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN YOUTUBE ASUS ZENFONE 4 SELFIE PRO VERSI “GONG YOO & TATJANA ROMANTIC LOVE STORY”). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Komunikasi yang dilakukan oleh dua individu secara intim dan berkelanjutan, dapat menimbulkan dan melibatkan perasaan masing-masing. Interaksi tersebut menimbulkan kesan romantis dalam sebuah hubungan. Romantis merupakan wujud dari rasa cinta kepada pasangan. Sebagai salah satu produsen smartphone di Indonesia, Asus memperkenalkan produk Zenfone 4 Selfie Pro melalui Youtube beriklan dengan storytelling berkonsep romantis. Dalam iklan tersebut terdapat penggunaan tanda-tanda dan sistem tanda untuk merepresentasikan konsep romantis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui makna denotatif, makna konotatif, dan mitos romantis menggunakan metode semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menelaah setiap adegan yang berkaitan dengan romantis dengan objek penelitian iklan Asus Zenfone 4 Selfie Pro versi “Gong Yoo & Tatjana Romantic Love Story”. Dari analisis yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa iklan tersebut mengandung tiga dimensi yang merepresentasikan romantis yaitu gairah, komitmen, dan kedekatan atau keintiman dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh Gong Yoo dan Tatjana sebagai pasangan kekasih. Mitos romantis dalam iklan ini adalah tipe pria idaman wanita saat ini adalah pria feminine dengan alasan dapat menjadi pendengar yang baik, tidak kasar, lebih sensitive, dan lebih perhatian, sehingga keromantisan terwujud ketika pasangan dapat memahami, merasakan kenyamanan, dan memerhatikan pasangan seperti memerhatikan dirinya sendiri. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Semiotika Roland Barthes, Romantis, Cinta, Representasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Semiotika Roland Barthes, Romantis, Cinta, Representasi
Subjects: Communication
Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amanda Wibowo
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:44
Last Modified: 19 Feb 2019 08:48
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item