REPRESENTASI BUDAYA NEGOSIASI PADA STRATEGI MARKETING COMMUNICATION ONLINE MARKETPLACE (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Iklan Youtube Bukalapak Versi “Semua Bisa Dinego di Bukalapak”)

Putra, Angga Asya (2019) REPRESENTASI BUDAYA NEGOSIASI PADA STRATEGI MARKETING COMMUNICATION ONLINE MARKETPLACE (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Iklan Youtube Bukalapak Versi “Semua Bisa Dinego di Bukalapak”). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Iklan Bukalapak versi “Semua Bisa Dinego di Bukalapak” merupakan iklan yang mengadaptasi sosial budaya yaitu budaya negosiasi kedalam bentuk digitaliasi berupa fitur nego yang dihadirkan Bukalapak sebagai fitur unggulan dalam strategi marketing menghadapi persaingan online marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna icon, index, dan symbol serta representasi budaya negosiasi pada iklan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Objek penelitian ini adalah Iklan Youtube Bukalapak versi “Semua Bisa Dinego di Bukalapak”. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi sumber data premier yang diambil dari Youtube dan sumber data sekunder berupa studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumen. Teknis analisis data menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil pada penelitian ini adalah iklan Bukalapak versi “Semua Bisa Dinego di Bukalapak” cukup merepresentasikan budaya negosiasi yang ada di pasar tradisional dengan beberapa penyesuaian karena terdapat pemanfaatan teknologi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah makna icon, index, dan symbol pada iklan Youtube Bukalapak versi “Semua Bisa Dinego di Bukalapak” berupa representasi budaya negosiasi ke dalam online marketplace.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Budaya Negosiasi, Bukalapak, Fitur Nego, Iklan, Marketing Communication, Online Marketplace, Promosi, Semiotika Charles Sanders Peirce, Strategi Marketing
Subjects: Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Angga Asya Putra
Date Deposited: 20 Aug 2019 10:29
Last Modified: 20 Aug 2019 10:29
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item