Komodifikasi Hijrah Pada Akun Media Sosial Instagram @IndonesiaTanpaPacaran

Prasetyo, Tias (2019) Komodifikasi Hijrah Pada Akun Media Sosial Instagram @IndonesiaTanpaPacaran. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy

Abstract

Kata “Hijrah” marak digunakan belakangan ini untuk mengkampanyekan gerakan Islam. Hijrah dalam konteks penelitian ini diartikan sebagai suatu kondisi seseorang dengan kebiasaan buruk berubah menjadi pribadi yang lebih baik sesuai syariat Islam. Hijrah telah menjadi gaya hidup yang dapat dijadikan komoditas, sehingga mendatangkan keuntungan. Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran @indinesiatanpapacaran hadir dengan semangat hijrah anti pacaran. Praktik transformasi nilai hijrah menjadi nilai tukar ini disebut dengan komodifikasi dan telah marak dilakukan di media mainstream. Menurut Mosco, Ada tiga jenis komodifikasi, yakni komodifikasi konten, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komodifikasi konten dan komodifikasi khalayak yang dipraktikkan oleh akun @indonesiatanpapacaran, sebagai salah satu akun yang melakukan komodifikasi. Metode penelitian yang digunakan di sini adalah studi deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui in-depth interview. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi komodifikasi konten dan khalayak yang dilakukan oleh instagram @indonesiatanpapacaran.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Hijrah, Komodifikasi, Komoditi, Instagram, Penelitian Kualitatif, Hijrah, Commodification, Commodity, Instagram, Qualitative Descriptive Study
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tias Prasetyo
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:31
Last Modified: 23 Aug 2019 03:31
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item