Pengaruh Media Sosial Pada Akun Instagram @Jktfoodbang Terhadap Kepuasan Followers

Kamilah, Zahrah (2019) Pengaruh Media Sosial Pada Akun Instagram @Jktfoodbang Terhadap Kepuasan Followers. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (859kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (110kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan media sosial, khususnya Instagram sekarang ini memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Instagram dapat memenuhi kebutuhan penggunanya, salah satunya adalah sebagai referensi bagi pencinta kuliner. Dalam penelitian ini memfokuskan pada akun @jktfoodbang, dimana konten-konten yang disajikan dapat menarik followers untuk mengunjungi beragam tempat kuliner yang tersebar di Indonesia. Peneliti tertarik untuk melihat seberapa besar pengaruh media sosial terhadap kepuasan informasi kuliner yang didapatkan dari akun ini. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification oleh Griffin. Metode penelitian menggunakan eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif yang variable X nya adalah media sosial dengan dimensi context, communication, collaboration, dan connection. Variable Y nya adalah kepuasan followers dengan dimensi kepuasan informasi, kepuasan identitas pribadi, kepuasan integrasi dan interaksi sosial, dan kepuasan hiburan. Pengumpulan data dalam bentuk kuesioner yang disebar secara online kepada followers akun instagram @jktfoodbang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54,3% pengaruh kepuasan dari Instagram dengan hasil regresi linear sederhana sig nya 0,000 menyatakan bahwa variable media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap variable kepuasan. Hal yang mendasarinya dari variable media sosial Instagram adalah dimensi context, dimana informasi yang disampaikan jelas dan mudah dimengerti oleh followers. Kemudian, dimensi yang berikutnya adalah kepuasan informasi dari variable kepuasan yang mana pemenuhan kebutuhan informasi tercukupi, sehingga penyajian konten berpengaruh terhadap kepuasan followers. Kata Kunci : Instagram @jktfoodbang, Teori Uses and Gratification, Kepuasan Followers.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Instagram @jktfoodbang, Teori Uses and Gratification, Kepuasan Followers. Instagram @jktfoodbang, Theory Uses and Gratification, satisfaction Followers.
Subjects: Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Zahrah Kamilah
Date Deposited: 23 Aug 2019 09:47
Last Modified: 23 Aug 2019 09:47
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item