PRAKTIK PENCIPTAAN NILAI PADA KOMUNITAS MEREK ONLINE RUANGGURU DALAM MEMBENTUK SIKAP MEREK (Studi Kasus Anggota Grup ‘RG at SMAN 90 Jakarta’)

Firmansyah, Zamilla AlFajri (2019) PRAKTIK PENCIPTAAN NILAI PADA KOMUNITAS MEREK ONLINE RUANGGURU DALAM MEMBENTUK SIKAP MEREK (Studi Kasus Anggota Grup ‘RG at SMAN 90 Jakarta’). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (886kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang praktik-praktik penciptaan nilai pada komunitas merek online Ruangguru di grup ‘RG at SMAN 90 Jakarta’ dalam membentuk sikap merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana praktik penciptaan nilai berdasarkan konsep Schau, Muniz, dan Arnould di grup WhatsApp ‘RG at SMAN 90 Jakarta’ tercipta hingga mampu membentuk sikap bagi para anggotanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yakni didapat dari proses wawancara serta data sekunder dengan informasi dan data dari studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menyatakan praktik sudah dilakukan dengan kolaboratif bersama perusahaan namun masih belum maksimal. Praktik penciptaan nilai pada grup ‘RG at SMAN 90 Jakarta’ tercipta hanya sampai tahap kedua yakni kategori impression management (pengelolaan kesan) yang membentuk sikap positif anggota. Namun, pada kategori selanjutnya yakni community engagement dan brand use praktik tidak berjalan dengan baik sehingga sikap yang terbentuk cenderung ke negatif, di mana para informan sudah tidak lagi aktif berpartisipasi di grup.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunitas Merek, Sikap Merek
Subjects: Communication > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Zamilla Alfajri Firmansyah
Date Deposited: 23 Aug 2019 11:32
Last Modified: 23 Aug 2019 11:32
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item