Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction dan Dampaknya Terhadap Electronic Word-of-Mouth Pada Aplikasi Fore (Studi Kasus Pada Generasi Z di Jakarta)

Tanjung, Nurayu Arum Putri (2020) Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction dan Dampaknya Terhadap Electronic Word-of-Mouth Pada Aplikasi Fore (Studi Kasus Pada Generasi Z di Jakarta). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dan dampaknya terhadap electronic word-of-mouth. Responden adalah Generasi Z yang pernah melakukan pembelian produk Fore melalui aplikasi Fore khususnya di Jakarta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekuder. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yang menjadi target penelitian. Dengan menggunakan metode simple randomg sampling, sebanyak 125 responden dikumpulkan. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan publikasi lainnya yang terkait penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction. Sedangkan untuk dimensi variabel e-service quality yang terdiri dari efficiency, availability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation dan contact dua diantaranya yaitu efficiency dan availability secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, dan untuk variabel fulfillment, privacy, compensation dan contact memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan, sedangkan untuk variabel responsiveness memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa e-service quality dan e-satisfaction secara parsial maupun simultan beroengaruh positif dan signifikan terhadap electronic word-of-mouth. E-satisfaction dalam penelitian ini berperan sebagai variabel moderator. Disarankan agar Fore lebih fokus pada faktor-faktor yang dapat meningkatkan e-satisfaction seperti meningkatkan dimensi-dimensi e-service quality yang kemudian diharapkan juga akan meningkatkan electronic word-of-mouth.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: e-service quality, efficiency, availability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation, contact, e-satisfaction, dan electronic word-of-mouth
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Management
Marketing
Marketing > eCommerce
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nurayu Arum Putri Tanjung
Date Deposited: 12 Aug 2020 10:18
Last Modified: 12 Aug 2020 10:18
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item