ANALISIS PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Kasus : Post Shop Coffee Tofee di Kota Bogor)

Yunita, Riani (2020) ANALISIS PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Kasus : Post Shop Coffee Tofee di Kota Bogor). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-IV] Text (BAB I-IV)
01.BAB I-IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
02.BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
03.BAB VI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana servicescape dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan word of mouth. Penelitian ini didasari atas kepuasan konsumen merupakan tolak ukur untuk keberlangsungan bisnis yang bisa berdampak terhadap pemasaran, dengan hasil pra survei berdasarkan testimoni pengunjung dari 20 orang yang diwawancarai ada sebanyak 55% konsumen tidak puas dengan servicescape dan ada sebanyak 45% konsumen yang tidak puas dengan kualitas layanan serta hanya ada sebanyak 40% yang kepuasannya mempengaruhi word of mouth. Penelitian ini dilakukan di Post Shop Coffee Toffee Kota Bogor, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dengan dua persamaan yaitu persamaan I Y1 = PY1X1 + PY1X2 + є1 dan persamaan II : Y2 = PY2X1 + PY2X2 + PY2Y1 + є2. Analisis yang digunakan didalam penelitian ini dimulai dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji heteroskesdastisitas, path analisis dengan uji t ; uji f ; dan uji kodeterminasi serta uji koefisien antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas persamaan I dan persamaan II, nilai sig. > 0.05 artinya residual data berdistribusi normal. Persamaan I dan II tidak terjadi heteroskesdastisitas yaitu tidak berpola secara teratur dan menyebar diatas dan dibawah angka 0. Pengujian uji T persamaan I diperoleh nilai T hitung sebesar 3.885 dan 5.279 lebih besar dari T tabel 1.985, nilai sig 0.000 kurang dari 0.05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, berarti masing – masing baik servicescape dan kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Pengujian F untuk variabel servicescape dan kualitas layanan diperoleh nilai F hitung sebesar 88.319 lebih besar dari F tabel sebesar 3.090 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kontribusi pengaruh X1 servicescape dan X2 kualitas layanan terhadap Y1 kepuasan konsumen adalah sebesar 64,6%. Pengujian uji T persamaan II diperoleh nilai T hitung lebih besar dari T tabel 1.985, nilai sig 0.000 kurang dari 0.05 artinya kualitas layanan dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap word of mouth pada konsumen Post Shop Coffee Tofee di Kota Bogor. Pengujian F untuk variabel servicescape, kualitas layanan dan kepuasan konsumen diperoleh nilai F hitung sebesar 129.419 lebih besar dari F tabel sebesar 2.699 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat pengaruh secara bersama-sama antara servicescape, kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap word of mouth. Kontribusi atau sumbangan pengaruh servicescape (X1), kualitas layanan (X2) dan kepuasan konsumen (Y1) terhadap word of mouth (Y2) adalah sebesar 80.2%.. Korelasi antara kepuasan konsumen dan word of mouth bernilai 0.874 yang artinya kepuasan konsumen memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap word of mouth.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Path analysis, kualitas layanan, kepuasan konsumen, servicecape, word of mouth
Subjects: Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Riani Yunita
Date Deposited: 21 Aug 2020 11:38
Last Modified: 21 Aug 2020 11:38
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item