Pengembangan Model Vehicle Routing Problem terhadap Demand Stokastik pada Blood Supply Chain

Avisena, Elvanita (2020) Pengembangan Model Vehicle Routing Problem terhadap Demand Stokastik pada Blood Supply Chain. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of BAB I, BAB II, BAB III] Text (BAB I, BAB II, BAB III)
01. BAB I-IIII.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

UTD PMI DKI Jakarta adalah pihak yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan produk darah secara harian ke Bank Darah Rumah Sakit (BDRS). Dengan jumlah BDRS dan jumlah permintaan darah yang uncertain setiap harinya mengakibatkan rute pendistribusian darah harian juga akan berbeda-beda. Rute distribusi yang diterapkan hanya mempertimbangkan kapasitas, lokasi dan pengalaman pengemudi, tanpa mengetahui rute tersebut sudah optimal atau belum. Salah satu cara untuk mengoptimalkan sistem distribusi darah adalah dengan melakukan pengoptimalan pada aktivitas transportasi distribusi. Maka dikembangkan model penyelesaian Vehicle Routing Problem dengan metode Algoritma Tabu Search. Penggunaan model VRP bertujuan untuk mendapatkan rute distribusi yang paling optimum dengan tetap memperhatikan kendala operasional seperti permintaan yang stokastik dan kapasitas kendaraan. Data yang digunakan adalah data pengiriman satu hari di UTD PMI DKI Jakarta. Penerapan metode Tabu Search diawali dengan pembentukan solusi awal yang nantinya solusi awal tersebut dioptimalkan dengan menggunakan algoritma Tabu Search secara manual. Hasil pengolahan data menghasilkan total jarak tempuh pada rute distribusi usulan yang telah dioptimalisasi adalah sebesar 214,55 km. Sementara rute solusi awal memiliki jarak tempuh total 361,5 km. Sehingga Tabu Search dapat melakukan pengurangan jarak sebesar 147 km atau sebesar 40,6%. Dan berhasil mengurangi biaya pengiriman per-kilometer sebesar Rp. 100,518 atau sebesar 42,7%. Kata Kunci : Optimasi Rute, Vehicle Routing Problem, Tabu Search

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Optimasi Rute, Vehicle Routing Problem, Tabu Search
Subjects: Industrial & Manufacturing Engineering > Supply Chain Management
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Elvanita Avisena
Date Deposited: 24 Aug 2020 12:46
Last Modified: 24 Aug 2020 12:46
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item