ETNOGRAFI VISUAL VIDEO UNBOXING PADA KANAL YOUTUBE BOIM LENNO

Santosa, Alief Galih (2020) ETNOGRAFI VISUAL VIDEO UNBOXING PADA KANAL YOUTUBE BOIM LENNO. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I - BAB III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version

Download (777kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (422kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
06 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Etnografi Visual Video Unboxing Pada Kanal Youtube Boim Lenno ini melihat dari fenomena banyak bermunculan video unboxing di Youtube. Video unboxing sendiri memperlihatkan seseorang atau sekelompok orang membeli sebuah produk yang kemudian membuka kemasan dari produk tersebut dan menjelaskan informasi mengenai produk yang di unboxing tersebut. Aktivitas unboxing yang dilakukan oleh youtuber atau pelaku unboxing merupakan sebuah komunikasi visual kepada orang yang melihat atau mengkonsumsi video unboxing tersebut. Video unboxing sendiri membuat mereka yang melihat menggambarkan hal-hal yang tidak mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna yang membentuk budaya visual, budaya konsumen, mengidentifikasi komunikasi visual, serta menganalisis representasi cyberculture dalam video unboxing. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori dan konsep budaya visual, budaya konsumen, komunikasi visual, dan cyberculture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi visual dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini dalam video unboxing sneakers Boim Lenno membentuk budaya visual menjadi referensi dan imajinasi visual, membentuk komunikasi visual menjadi internalisasi dan edukasi visual, membentuk budaya konsumen menjadi representasi kelas dan identitas visual, dan membentuk cyberculture menjadi interkoneksi dan kolaborasi visual. Kata kunci: Unboxing, Youtube, Budaya visual, Komunikasi visual, Budaya konsumen, Cyberculture

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Unboxing, Youtube, Budaya visual, Komunikasi visual, Budaya konsumen, Cyberculture
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alief Galih Santosa
Date Deposited: 07 Sep 2020 15:08
Last Modified: 07 Sep 2020 15:08
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3926

Actions (login required)

View Item View Item