COVID-19 DAN PEREMPUAN DI MEDIA ALTERNATIF (Analisis Wacana pada Artikel Seputar Covid-19 dan Perempuan di Magdalene.co edisi Maret-April 2020)

Fenti, Firly (2020) COVID-19 DAN PEREMPUAN DI MEDIA ALTERNATIF (Analisis Wacana pada Artikel Seputar Covid-19 dan Perempuan di Magdalene.co edisi Maret-April 2020). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 02 BAB I-III] Text (02 BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi corona membuat perempuan berada pada posisi yang semakin tak menguntungkan. Berbagai kebijakan penanganan corona yang menyampingkan eksistensi perempuan lah yang membuat posisi perempuan makin termarjinalkan. Media massa mainstream dengan kekuatannya seolah tak bisa menjadi ruang bagi perempuan dalam menyuarakan kepentingannya, terutama saat pandemi ini yang membuat posisi mereka makin terpuruk. Karena ketidakmampuannya, perempuan membuat medianya sendiri melalui media alternatif. Salah satu media alternatif yang ada di Indonesia ialah Magdalene.co. Magdalene.co mencoba untuk menyuarakan kepentingan para perempuan melalui penggambaran mengenai nasib dan kondisi para perempuan di tengah pandemi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Magdalene.co mewacanakan perempuan pada pemberitaan seputar Covid-19 di kanal Issue. Objek penelitian ini ialah 4 berita yang berada di kanal Issue Magdalene.co selama Maret-April 2020. Metode penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dari Sara Mills. Berdasarkan analisis pada teks didapatkan bahwa perempuan diposisikan sebagai subjek dan juga objek. Penulis juga memosisikan pembaca pada posisi subjek, yaitu perempuan. Untuk pewacanaan, Magdalene.co mewacanakan perempuan sebagai pihak yang terdampak efek pandemi corona lebih parah, terutama pada sisi sosial dan ekonomi. Pewacanaan yang dilakukan oleh Magdalene.co ini juga menggambarkan ideologi Magdalene.co sebagai media alternatif perempuan yang memegang ideologi feminisme.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana kritis, Media alternatif, Pandemi corona, Perempuan, Magdalene.co.
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Firly Fenti
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:10
Last Modified: 22 Sep 2020 04:10
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item