Strategi Diplomasi Komersial Indonesia melalui Promosi Kopi ke Luar Negeri (2015-2019)

Mahalli, Hasri Ainun (2020) Strategi Diplomasi Komersial Indonesia melalui Promosi Kopi ke Luar Negeri (2015-2019). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I- Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian unggulan Indonesia dan banyak diperdagangkan di dunia. Sebagai salah satu sumber ekspor non migas, kopi dapat memberikan sumbangan yang besar bagi devisa negara produsen. Indonesia sebagai produsen kopi yang menempati urutan ke-4 terbesar di dunia Setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Bahkan kopi juga merupakan salah satu komoditas utama menurut negara tujuan ekspor berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI. Melihat kondisi ini, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memperluas jejaknya di pasar kopi global. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas bagaimana strategi diplomasi komersial Indonesia melalui promosi kopi ke luar negeri tahun 2015-2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Indonesia mempromosikan kopi ke luar negeri dengan melakukan diplomasi komersial yang dilakukan. Dikarenakan penelitian ini membahas strategi diplomasi komersial Indonesia saat mempromosikan kopi maka penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan operasionalisasi data secara deskriptif. Strategi diplomasi komersial Indonesia akan dijelaskan dalam enam aktivitas diplomasi komersial, yaitu intelijen, komunikasi, rujukan, advokasi, koordinasi dan logistik. Penjelasan mengenai akivitas tersebut melalui promosi kopi akan berfokus pada pemerintah Indonesia yaitu Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag). Dalam melalukan promosi kopi ke luar negeri, Kementerian Perdagangan memiliki perwakilan dagang di luar negeri yang dua diantaranya adalah Atase Perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC). Aktivitas diplomasi komersial yang dilakukan Kemendag ini untuk dapat memperluas pasar ekpor kopi Indonesia di luar negeri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: promosi kopi, diplomasi komersial, Kementerian Perdagangan (Kemendag)
Subjects: Political Science > International Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Hasri Ainun Mahalli
Date Deposited: 25 Sep 2020 13:54
Last Modified: 25 Sep 2020 13:54
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item