Warung Kopi dan Citybranding Kota Makassar (Studi Kasus Menjamurnya Warung Kopi di Kota Makassar)

Firdaus, Muh. Fauzan (2020) Warung Kopi dan Citybranding Kota Makassar (Studi Kasus Menjamurnya Warung Kopi di Kota Makassar). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (403kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena menjamurnya warung kopi telah melanda kota Makassar. Warung kopi tersebut sudah bukan lagi hanya sekadar tempat berkumpul untuk menikmati secangkir kopi sembari berdiskusi ataupun bersenda gurau, melainkan sudah menjadi sebuah kultur yang membentuk identitas dari masyarakat kota Makassar. Dari hal tersebut, terdapat sebuah potensi untuk menjadi nilai tambah bagi citybranding kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai keunikan budaya warung kopi di kota Makassar dan mengidentifikasi potensi dari identitas tersebut sebagai nilai citybranding dalam membangun citybranding. Analisis penelitian ini menggunakan teori kualitas ruang publik yang baik dari Carmona, dan juga komponen-komponen dalam membangun citybranding dari Kavaratzis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Identitas Warung Kopi yang ada di kota Makassar itu memiliki sebuah karakteristik serta nilai keunikannya tersendiri yang menjadikan warung kopi tersebut berbeda dengan warung kopi yang ada di daerah lainnya. Identitas Warung Kopi yang ada di kota Makassar itu juga memiliki potensi yang dianggap bisa menjadi salah satu nilai tambah dalam menjalankan citybranding kota Makassar. Dan terakhir, dalam menjalankan citybranding terdapat beberapa komponen-komponen yang perlu dilengkapi sebelum membentuk citybranding itu sendiri. Warung kopi yang dianggap potensial ini merupakan sebuah contoh kecil dari gambaran besar Citybranding kota Makassar. Salah satu strategi yang dapat diambil ialah bagaimana pemerintah bisa bersinergi dengan segala elemen yang ada di masyarakat dengan konsep Penta-helix. Kenyataannya, selama ini pemerintah masih kurang melakukan “penjahitan” antara pemerintah sebagai pihak pembuat keputusan dengan para pelaku pengusaha warung kopi ini dalam menjadikan citybranding yang baik untuk kota Makassar.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: citybranding, warung kopi, ruang publik
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Communication Science
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muh. Fauzan Firdaus
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:22
Last Modified: 22 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item